Tahapan bertanam hidroponik sederhana dengan sistem botol

Tahapan bertanam hidroponik sederhana dengan sistem botol

Sering buat pemula yang sahih-sahih baru belajar tidak tau bagaimana tahapan-tahapan mencoba berhidroponik dengan sistems ederhana wick botol. Beberapa sahabat aku yang tertarik denga hidroponik sesudah aku kenalkan jga masih merasa galau bagaimana cara atau tahap tahapannya. Jadi saya mencoba memberitahuakn rangkaian tahapannya sejelas yg aku bisa.

Untuk sedikit pengantar anda bisa baca disiniDARIMANA MEMULAI HIDROPONIK?

OK kini kita akan bicara secara teknisnya. Disini saya akan bicara tentang tanaman selada, sawi atau pakcoy & sejenis. Bukan tomat, melon & lainya lantaran tidak mampu menggunakan sistem wick.

O ya, buat indera-alat yg diutuhkan supaya lebih jelas bisa ditinjau disini6 ALAT UTAMA DALAM HIDROPONIK SEDERHANA

1.Tahap pertama adalah menyemai (1-tiga hari)

Persiapan Bahan: Rockwool & benih

Tahapan: Potong rockwool sesuai keperluan, satu benih membutuhkan 2,5×2,5 cm. Buat tempat benih akan disemai di rockwool dengan membuat lubang pada bagian atas rockwool. Tempatkan benih satu persatu pada lubang yang sudah anda persiapkan tadi. Lubang tidak perlu terlalu dalam, cukup kira-kira 1cm saja dalamnya. Setelah semua lubang terisi, tempatkan semaian pada tempat yang gelap dan lembab, hal ini penting agar benih dapat berkecambah. Tempatkan semaian ditempat gelap sampai benih berkecambah biasanya 1-3 hari. Setelah benih berkecambah, segera pindahkan ke tempat yang terkena matahari. Biarkan tanaman masih di rockwool selama 2 minggu atau sampai tumbuh 3-4 daun sejati. Berikan nutrisi ab-mix setelah daun sejati tumbuh sehingga fotosintesis dapat dimulai.

Semaian kira-kira 1 minggu. Foto Threeya Koirulina

dua. Memindahkan ke Botol (mulai hari 14-21/28

Setelah flora berdaun sejati 3-4 buah, maka anda bisa memindahkannya ke botol yg sudah anda siapkan. Isi nutrisi di tempatnya. Pada waktu ini anda telah mneggunakan nutrisi AB-Mix. Sesuaikan nutrisi AB-mix menggunakan jenis sayur. Misal selada memerlukan nurisi 500-700ppm sedangkan sawi memerlukan nutrisi hingga 1000 ppm. Tanaman berada di botol sekitar buat dua-4 minggu tergantung pertumbuhan tumbuhan itu sendiri Intinya jika tumbuhan telah terlihat akbar melebihi botol maka siap dipindah. Lantaran jika tidak dipindah ke botol yang lebih akbar, maka akar flora akan sulit berkembang dan daun juga sulit mengembang.

3. Memindahkan ke botol lebih besar (21 hari keatas)

Fungsi berdasarkan pemindahan tanaman ke botol yg lebih besar supaya flora sendiri dapat berkembang lebih lanjut. Untuk sistem dan cairan tetap sama saja. Menggunakan nutrisi abmix dan sistem wick. Hanya tempatnya saja yg lebih besar . Pemebesaran disini dilakukan sampai masa panen.

4. Panen (hari ke 45-60)

Panen sebenarnya dapat anda lakukan kapan saja selama anda suka . Tapi umumnya berkisar diantara hari 45-60 hari menggunakan catatan perkembangan tanaman baik, sedikit kutilang nir apa-apa. Sebenarnya selada bisa tumbuh hingga sangat besar , tetapi cita rasanya menjadi pait. Oleh karena itu umumnya dipilih yang ukuran satu telapak tangan dewasa.

Selada sudah mampu dipanen sebesar telapak tangan

Sekian artikel kali ini, apabila terdapat yang mau didiskusikan ayo tulis dikolom komentar.

Posted in: Hidroponik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *