Seberapa penting Flanel untuk Hidroponik?

Seberapa penting Flanel untuk Hidroponik?

Flanel sebenarnya tidak selalu terdapat dalam penggunaan sistem Hidroponik, Hal ini dikarenakan penggunaan Flanel akan menambah biaya yg cukup banyak. Satu tanaman bisa menambah 100-300 rupiah. Hal ini tentu saja jelek dari segi bisnis. Namun bagi pemula yang baru belajar hidroponik, disarankan buat memakan Flanel lantaran akan sangat membantu pertumbuhan akar.

Flanel merupakan jenis kain yang terbuat menurut serat wol tanpa ditenun. Flanel acapkali digunakan menjadi bahan kerajinan. Tetapi karena teksturnya yang mudah menyerap air, maka bisa digunakan pada sistem Hidroponik.

Flanel & Netpot

Hasil menurut pengamatan & percobaan aku sendiri adalah tanaman yg menggunakan flanel akan lebih gampang untuk akbar dan akarnya lebih banyak daripada yang tidak memakai flanel. Saya masih memakai flanel dikarenakan saya menggunakan sistem wick/botol sehingga ada jeda pisah antara air & akar tumbuhan. Jarak yang terpisah inilah yg dihubungkan sang flanel sehingga akar tanaman mampu merogoh air & nutrisi yg ada.

Seperti terlihat pada gambar dibawah, akar akan merambat pada  flanel sehinnga akar mampu menyerap air nutrisi. Bagian ujung bawah flanel tercelup kedalam air dan air dapat merambat keatas. Penggunaan Flanel pada sistem wick dapat mempercepat pertumbuhan akar dan perkembangan tanaman sendiri lebih baik. Sedangkan yang tidak menggunakan flanel dapat beresiko tanaman mati karena tidak mendapatkan air. Saya sendiri sengaja mencoba pada beberapa botol untuk tidak memakai flanel, tetap tumbuh namun anda harus terus menjaga level air agar selalu menyentuh rockwool. Karena pada beberapa tanaman saya akhirnya mati karena tidak mendapat air.

Untuk harga flanel dalam toko-toko hidroponik pula bervariasi. Mulaid ari 2000 sampai lima ribu buat 10 flanel memanjang seperti yang dipakai pada foto atas ini. Saya dan sahabat berpikir tampaknya akan lebih baik apabila membeli langung pada toko kain. Tentu anda akan menerima kain lembaran yang perlu dipotong sinkron kebutuhan, namun tentu harganya akan lebih murah.

Apakah Flanel bisa digunakan kembali? Ya jikalau hanya buat belajar masih dapat dipergunakan kembali sesudah tumbuhan anda besar & dipanen. Tetapi anda perlu membersihkan residu-residu akar yg ada di kain flanel & keringkan terlebih dahulu agar nutrisi yang terdapat hilang & nir bercampur menggunakan yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *