Perkembangan tanaman tomat mulai semai hingga panen

0

Sedikit perkenalan sebelumnya, tanaman tomat-tomat dibawah adalah pertama kalinya saya commit untuk mencoba bertanam Hidroponik. Setelah sebelumnya cukup galau juga  apakah akan mencoba atau tidak. Akhirnya saya putuskan mencoba saya tidak peduli gimana hasilnya. Kebetulan ada fotonya mulai dari saya semai di bak kecil hingga panen. Media menggunakan tanah, nutrisi AB-mix sayur dan Buah.

1. Semai di Bak kecil

Semaian baru tumbuh

Foto ini diambil pada tanggal 17 Oktober 2016, kurang lebih 1,5 minggu setelah saya semai. Media tanam yang digunakan masih merupakan tanah. Terlihat sudah ada beberapa benih yang tumbuh dan masih berdaun palsu.

Foto ini diambil pada tanggal 22 Oktober 2016, atau 5 hari setelah foto pertama. Semua semaian telah tumbuh namun masih berdaun palsu, belum daun sejati. Air yang saya gunakan untuk menyiram mengunakan Nutrisi AB-Mix untuk sayuran dengan PPM lebih kurang 500-600.

Sebenarnya setelah foto ini saya ingin menunjukkan ketika tanaman tomat ini sudah mempunyai 2-3 daun sejati dimana itu berarti siap dipindahkan ke media tanam lain.

2. Pindah ke Plastik Gula

Sebenarnya saya ingin menggunakan polybag untuk media tanam selanjutnya. Namun saya ingin melihat dulu hinga akar tomat ini menjadi banyak baru saya akan pindah sekalian ke Polybag yang besar. Foto ini diambil pada 5 November 2016 atau 13 hari setelah foto sebelumnya. Dapat dilihat tanaman sudah ada 3-4 daun sejati. Akar juga sudah mulai banyak dan batang tanaman sudah terlihat tegak.

Ada beberapa tanaman yang saya tanam langung ditanah, tidak ke plastik dulu. Entah kenapa hasilnya lebih baik yang berada di plastik dibanding langsung ditanah. Tanggal foto tetap sama pada 5 November 2016.

3. Pindah lagi ke Polybag besar

Kedua foto diatas diambil pada tanggal 12 November 2016 atau 7 hari setelah berada di Plastik Gula. Pertumbuhan tomat di plasik gula sangat cepat saya rasa. Pada saat dipindahkan dapat dilihat pada foto atas bahwa akar tanaman sudah sampai mengelilingi keseluruhan isi plastik. jumlah daun sekitar 8-11 daun sejati. Sementara itu yang saya tanam ditanah tidak menunjukkan perkembangan berarti.

Foto ini diambil pada tanggal 17 November 2016 atau baru saja 5 hari setelah dipindahkan ke Polybag. Dapat dilihat perkembangannya, dimana saat dipindah tinggi tanaman baru setengah ajir (cagak atau bambu) yang saya tancapkan, namun pada foto ini sudah sama dengan ajir tingginya.

Foto ini diambil pada tanggal 19 November 2016. Dimana perkembangannya sudah semakin baik. Daun tomat mulai melebar dan batang ,ulai membesar sehingga saya perlu mengikatkan batang ke ajir/tonggak. Pada saat ini sudah terlihat cikal bakal tomat berupa tangkai pertama bunga.

Foto ini diambil pada tanggal 29 November 2016 atau akhir bulan. Horee sudah terlihat cikal bakal buah tomatnya. Gembira sekali waktu ini karena yang pada awalnya hanya mencoba saja tanpa tau akan berbuah atau tidak ternyata melebihi target. Tomat yang terbentuk telihat sangat bagus dan banyak.  Umur tanama semenjak semai sudah berusia 50 hari.

Foto ini diambil pada tanggal 20 Desember 2016, atau 21 hari setelah foto sebelumnya. Tomat ini adalah tomat cerry yang mana buahnya tidak besar. Namun tetap saya berpikir sepertinya lama juga untuk membesarkan buah tomat ini.

Akhirnya, setelah ahrap-harap cemas, tomat ini menguning juga. Saya pikri tomat ini berhenti pertumbuhannya karena setelah berkembang dengan sangat baik, namun buahnya tidak segera menguning. Foto ini diambil pada tanggal 27 Desember 2016 atau sekitar 28 hari semenjak buah tomat mulai muncul dari bunga. Saya memberikan tali keatas sebagai sandaran tanaman tomat yang sudah berat akibat ada buah tomat. Bila tidak diberi sandaran maka tanaman tomat akan bengkok dan patah.

4. Mulai Panen

Foto pada tanggal 5 Januari 2016, dimana tomat sudah merah merata disemua tanaman tomat saya (lebih kurang 15 tanaman tomat). Buah sudah merah tua dan siap dipetik. Pada saat ini sudah terlihat tanaman terserang penyakit dengan tanda daun yang menguning dan berbintik. Saya tidak tau kenapa tapi sepertinya setelah tomat berbuah dan buah besar, tanaman tomat rentan terkena penyakit.

Ini adalah hasil panen tomat saya yang ketga kerangjang makan seperti terlihat diatas.

Foto ini diambil pada tanggal 8 Januari 2017. Dapat terlihat hampir setangah tanaman mulai bawah daunnya sudah menguning dan sudah banyak daun yang terkena penyakit. Saya memang tidak menggunakan pestisida kimia apapun dalam tomat ini. Saya mencoba menggunakan pesisida alami, namun sepertinya perlu penyemprotan yang rajin dan berulang 3 hari sekali biar penyaktinya dapat hilang.

Namun saya akhirnya menyerah juga, setelah semakin banyak daun yang terkena serangan dan tidak sembuh-sembuh juga walau sudah saya semprotkan pestisida alami. Semestinya masih bisa 2-3 kali gelombang tumbuh buah tomat lagi umur tanaman tomat pada umumnya. Namun punya saya baru satu kali gelombang panen tomat pada periode desember januari.

tomat selanjutnya, benih impor. media sekam

Leave A Reply

Your email address will not be published.