Nutrisi AB-Mix untuk Hidroponik

Nutrisi AB-Mix untuk Hidroponik

Jadi inilah salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan oleh orang awam saat mengetahui bahwa hidroponik menggunakan air. Bisa tah kalau pakai air saja?. Tentunya tidak bisa. Kita tidak menanam tanaman hidroponik hanya dengan media air saja. Air hanyalah sebagai pengantara saja, tetap diperlukan nutrisi untuk tumbuhan tersebut dapat tumbuh dan berkembang.

Nutrisi AB-Mix dalam bentuk cair.

Secara garis akbar terdapat dua Komponen nutrisi yang dibutuhkan oleh flora yaitu makronutrient dan Mikronutrient.

Unsur Makronutrient :  Mengandung unsur-unsur  Nitrogen (N), Phospat (P), Kalium (K), Calcium (Ca), Magnesium (Mg), Sulfur (S).

Unsur Mikronutrient: Mengandung unsur-unsurBesi (Fe), Mangan (Mn), Zinc (Zn), Boron (B), Clor (Cl), Molibdenum (Mo)

Secara sederhana, semua nutrisi tersebut telah terdapat di pada paket AB-Mix yang kita beli. Kecuali kita ingin memodifikasi nutrisi yg kita berikan (dalam pehidroponik tingkat tinggi), maka relatif kita memberikan yang ada dalam nutrisi AB-Mix sesuai aturan.

Kenapa wajib dibedakan sebagai dua botol? Kenapa tidak satu saja?. Hal ini dikarenakan ada bahan yg terdapat pada botol a dan b yg apabila mencampur akan mengakibatkan reaksi. Reaksi ini akan mengakibatkan kandungan nutrisi menjadi berubah. Sehingga cairan a atau b harus dilarutkan ke air dahulu baru kemudian dibubuhi cairan pelengkapnya (a atau b). Misal anda campur dulu 5ml cairan B kedalam 1 liter air, larutkan. Stelah itu baru tambahkan 5ml cairan A.

Ada 2 jenis Nutrisi AB-Mix dipasaran yaitu yang pada bentuk cairan seperti diatas, dan pada bentuk padatan seperti gambar dibawah

Nutrisi AB-Mix pada padatan

Untuk lebih gampang maka pehidroponik pemula umumnya memakai nutrisi AB-mix cair. Caranya gampang saja untuk menciptakan larutannya. Tinggal tambahkan 5ml (satu tutup botol tersebut) larutan B kedalam 1 liter air. Aduk homogen sementara waktu, kemudian tambahkan 5ml larutan A. Yang krusial jangan campur larutan A & B secara langsung.

Simpanlah Nutrisi AB-Mix ini ditempat yg teduh nir terkena matahari pribadi, karena bila terkena mentari pribadi, maka cairan akan bisa berlumut atau rusak. Untuk harga, Nutrisi yg terdapat pada foto paling atas (menurut HIMA-Mix) harganya 20 rbu satu paket buat nutrisi sayuran & 25 rbu buat nutrisi buah. Dari keterangannya, satu paket tersebut dapat digunakan buat 100 liter dengan 1000ppm. Cairan yang sudah dicampur tersebut dapat pribadi dipakai untuk flora.

Jika anda memakai sistem wick (botol) bisa anda eksklusif masukkan ke pada botol. Tetapi perhatikan PPM yang direkomendasikan buat masing-masing flora. Untuk selada umumnya berkisar antara 500-700 ppm. Sehingga saya tidak menuangkan satu tutup botol penuh nutrisi, namun agag kurang sedikit ke dalam 1 liter air.

Posted in: Hidroponik, Nutrisi ABMix

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *