Darimana memulai Hidroponik?

0

Mungkin ini pertanyaan awal mereka yang tertarik ber-hidroponik, saya harus mulai dari mana? Apa yang harus saya lakukan? Saya tidak tau sama sekali tentang hidroponik. Jawabannya tergantung ingin kemanakah anda dengan hidroponik ini, apakah untuk kebutuhan pribadi atau hobi saja, atau bahkan sampai skala bisnis? Walaupun mirip di awal, namun saya pikir skala bisnis tentunya akan lebih lama dan perlu tahap yang lebih banyak. Penting untuk anda mengerti terlebih dahulu tujuan anda berhidroponik sebelum anda terjun kedalamnya.

Maksud saya adalah jangan anda tiba-tiba mempunyai sebuah greenhouse lengkap dengan sistem hidroponik tapi anda tidak paham benar bagaimana menanam sayur hidroponikk hingga panen dan pasca panen. Pernah suatu kali saya waktu berada di toko hidroponik, seorang bapak masuk dan berkata kepada penjaga toko bahwa dia telah membuat 400 lubang untuk tanaman hidroponik. Kemudian dia bertanya kira-kira rockwoolnya butuh yang mana? Hmmm…saya bepikir, apa bapak ini tau yang dilakukannya. 400 lubang tanam itu sudah cukup banyak. Bila 4 meter paralon bisa memuat 20 lubang tanam. Maka bapak tadi sudah membuat 20 baris paralon ukuran 4 meter! Wow cukup banyak. Namun di lain sisi dia tidak tau berapa kebutuhan rockwool untuk lubang sebanyak itu.  Saya jadi ragu apakah dia benar bisa hidroponik, atau hanya ikut-ikutan mencoba saja dengan jumlah banyak. Padahal hidroponik tidak semudah itu bila ingin langsung terjun ke area bisnis. Sah-sah saja bila hanya ingin hobi, tapi dengan 400 lubang sekaligus? hmm….rugi ditanggung penumpang ya…

Ya terlepas dari itu, haknya beliau juga Namun juga ini seringkali menjadi pertanyaan. Dimulai dari mana bila saya ingin berhidroponik?

Untuk Skala Hobi

– Langkah pertama Carilah bacaan baik dari buku atau internet tentang Hidroponik. Dapatkan apakah manfaat hidroponik, apa itu sistem hidroponik dan berbagai hal lainnya. Tentunya sampai tahap ini anda masih bingun dan baru tau secara gambar saja. Langkah berikutnya?

– Lihat wujud aslinya hidroponik. anda harus pernah melihat bagaimana sistem hidroponik ini aslinya. Anda bisa melihatnya pada pameran-pameran yang ada hidroponiknya, ke komunitas hidroponik di kota anda, ke tempat wisata hidroponik atau ke teman anda yang sudah menanam secara hidroponik. pastikan anda bertanya guna dari masing-masing alat yang ada. Anda juga dapat melihat alat apa saja yang dibutuhkandisini

– Langkah berikutnya? Mulai menyipakan bahan-bahan yang dibutuhkan. Sebelumnya tentukan sistem apa yang ingin anda buat. Dimana mencarinya? Bila anda ingin mudah maka alat-alat hidroponik sudah tersedia di situs-situs jual beli online. Tapi tentu akan lebih mahal karena ada ongkos kirim. Bila ingin yang lebih murah belilah di komunitas Hidroponik yang ada di Kota anda.

– Nah saat ini anda bisa langsung bisa menanam Jangan takut akan hasilnya yang penting anda menanam. Hasil tidak penting buat anda kan? yang penting perasaan senang sudah bisa menanam dan menyaksikan tanaman anda tumbuh berkembang.

–  Bagaimana tahapan dalam ber-hidroponik. Secara garis besar menurut saya adalah Menyemai, Pembesaran dan Panen. Menyemai anda lakukan di rockwool hingga umur 14 hari atau tumbuh 2/3 daun sejati. Pembesaran yaitu pemindahan tanaman beserta rockwool ke sistem Hidroponik (bisa botol, sterofoam atau pipa pvc dll) hingga 45-60 hari. Berikutnya tentu saja adalah masa panen.

– Selanjutnya? tinnggal anda bermain-main dengan sistem hidroponik lain dan jenis tanaman lain. Enjoy 🙂

Untuk Skala Bisnis

Well, tentunya anda perlu perhitungan saat terjun ke bisnis manapun. Anda bisa saja bilang ya namanya mencoba harus dilakukanlah, masa cuma berpikir saja. Benar semua harus dilakukan dengan tindakan, tapi pebisnis yang baik pasti akan berhitung bukan? Paling tidak ketauilah dulu seluk beluknya, terutama hidroponik ini  Karena bertanam ada seninya juga, tidak seperti orang jualan kaos yang bila tidak terjual ya sudah ditunggu. Kalau tanaman? tidak laku mau dimakan sendiri terus? Belum lagi sahabat tanaman yang selalu mengganggu entah itu belalang, ulat, virus bakteri dll.

Menurut saya pribadi, ini adalah langkah-langkah yang dapat memandu anda. saya sendiri juga belum penisnis Hidroponik namun masih belajar.

1. Mengenal Hidroponik : Banyak membaca, bertanya, dan gabung ke komunitas Hidroponik

2. Belajar mulai benih, penyemaian, menumbuhkan hingga panen. No pressure here!, yang penting          tanam dulu. Sistem boleh sederhana namun tanaman harus dapat tumbuh.

3. Belajar lebih lanjut meliputi:

– Menumbuhkan tanaman sesuai ketentuan (berapa lama sudah harus seberapa besar).

– Belajar masalah-masalah dalam Hdroponik : Rockwool berlumut/jamur, tanaman gosong kena            matahari, Hama ulat, semut, dll.

–  Belajar berbagai sistem hidroponik tentu yang bukan botol tapi minimal sterofoam sampai sistem        NFT.

– Tahap ini yang saya kira paling lama, karena membutuhkan waktu untuk belajar banyak. Satu              periode tanam saja bisa memakan waktu 2 bulan. Maka saya kira waktu yang cukup minimal              adalah 6 bulan sampai 1 tahun.

–  Mulai mengenalkan diri bahwa anda adalah seorag petani Hidroponik! ini penting karena anda            butuh pasar nantinya dan orang tentu harus kenal anda.

4. Belajar menanam dengan Sistem yang sudah Profesional. Dalam tahap ini anda tentu wajib sudah mengetahui mengenai PPM, PH, Suhu dan parameter lain. Tanaman anda sudah harus ditanam dengan kondisi yang profesional juga. Langkah ini meliuti:

–  Sistem DFT atau NFT yang siap dan banyak (bukan hanya satu rangkaian).

–  Benih atau semai harus sesuai. Tidak kutilang dan pencapaian pecah benih >90%

– Pembesaran sesuai target waktu. Misal tanaman selada umur satu bulan sudah harus seberapa               besar ukurannya.

– Sayur panen sesuai paramater. Bentuk sesuai yang dterima pasar!, begitu juga dengan waktu yaitu       45-60 hati sudah mencapai ukuran yang sesuai. Anda harus bisa mengatasi masalah-masalah yang       anda namun tamanan anda tetap tumbuh sesuai jadwal.

– Sudah tau kemana harus mengirim barang. Mulai mencari koneksi dan pangsa pasar. Bilang ke             komunitas siap untuk memasok pasar.

5. GO WILD! ANDA PENGUSAHA HIDROPONIK SEKARANG. KELUARKAN JURUS2 YANG ANDA MILIKI. Anda memiliki barang yang bagus, anda mampu memproduksinya, anda siap!

Leave A Reply

Your email address will not be published.