9 CARA SIMPLE SERTA TIPS AND TRIK RAHASIA MEMBUAT CIRENG ALA ABANG – ABANG GORENGAN

Cireng merupakan salah satu kuliner populer khas masyarakat Sunda yang sudah sangat terkenal di nusantara. Tidak hanya sebagai menu cemilan rumahan yang enak dan lezat, jajanan cireng untuk jualan seperti yang dijual abang-abang gorengan dari yang biasa hingga bertekstur renyah crispy anti gagal dapat kita buat sendiri dirumah dengan cara yang sangat mudah lho.

Meskipun bahan adonan dasar cireng asli terbuat dari tepung aci, namun resep cireng kali ini memiliki aneka macam variasi. Cara mengolah adonan lah yang membuat cireng (aci goreng) sederhana menjadi berbeda pula, baik tekstur maupun bentuk tampilannya.

Ada beberapa resep cireng yang akan saya bagikan untuk anda, dan akan saya jelaskan prose- proses pembuatannya yang sangat mudah. Sudah tidak sabar kan pengen tau apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin membuat cireng. Yuk langsung saja intip rese- resep berikut ini.

1. Resep Cireng Crispy

Variasi pertama kali ini adalah cara membuat cireng renyah, yang sedang populer dijual abang-abang gorengan dan lagi ngetrend sebagai cireng crispy. Berikut saya bagikan resep dan cara bikinnya, simak baik – baik yaaa..

Bahan untuk membuat cireng crispy :

 150 gram tepung aci ( bisa menggunakan tepung tapioka/ tepung kanji)

 ¼ sendok teh merica

 ½ sendok teh bawang putih, dihaluskan

 ½ sendok teh kaldu ayam

 1 batang daun bawang ( iris – iris )

 garam secukupnya

Untuk biangnya :

 50 gram tepung aci

 150 ml air

Cara Membuat Cireng Renyah Crispy :

1. Campurkan tepung aci, merica, bawang putih, daun bawang dan kaldu bubuk, campur sampai semuanya rata ya. Lalu sisihkan dulu.

2. Selanjutnya campur juga bahan biang, kemudian masak sambil terus diaduk sampai mendidih dan adonan mengental seperti lem, lalu matikan api.

3. Kemudian masukkan adonan tepung pertama ke dalam adonan biang dengan cara sedikit demi sedikit sambil diaduk – aduk dengan tangan sampai rata ( adonan jangan sampai kalis tetapi cukup diaduk dengan cara dicubit-cubit saja atau seperti dipijit-pijit pakai jari-jari tangan ).

4. Selanjutnya adonan dibentuk menjadi bulat-bulat pipih jangan terlalu tipis, kemudian taburkan tepung aci di telapak tangan agar adonan tidak lengket di tangan dan tidak menempel satu sama lainnya. Lakukan sampai adonan habis ya.

5. Kemudian panaskan minyak, goreng adonan menggunakan api sedang sampai matang merata ( jangan gunakan api terlalu besar agar tidak menggelembung ). Kemudian angkat dan tiriskan.

6. Siapkan piring saji dan cireng crispy siap untuk disajikan.

2. Resep Cireng Empuk Anti Alot Dan Kenyalnya Pas

Membuat cireng yang tidak alot dan kenyalnya pas itu mudah kok, tepung yang digunakan juga hanya menggunakan tepung aci saja, tidak menggunakan campuran terigu. Namun ada trik khusus untuk membuatnya agar tidak gagal, yaitu buatlah adonan biang serta gunakan minyak yang tidak terlalu panas agar matangnya merata dan empuk mengembang, untuk lebih jelasnya  simak resep dan proses pembuatannya berikut ini ya.

Bahan dasar :

 300 gram tepung aci ( tepung tapioka )

 1 batang daun bawang ( iris tipis )

 tepung aci ( yang digunakan untuk taburan agar tidak lengket )

 minyak goreng

Bahan biang :

 100 gram tepung aci

 400 ml air

 1 sdm ketumbar ( haluskan )

 4 siung bawang putih ( haluskan )

 garam dan penyedap rasa secukupnya

 ½ sendok teh merica

 1 sendok makan minyak goreng

Cara membuat cireng bandung :

1. Siapkan panci, masukkan 100 gram tepung aci kemudian aduk dengan 400 ml air lalu masukkan ketumbar, bawang putih halus, garam, penyedap rasa, merica dan 1 sendok makan minyak goreng, aduk – aduk sampai rata. Masak menggunakan api kecil sambil terus diaduk sampai adonan mengental dan warnanya berubah menjadi bening, setelah itu matikan apinya.

2. Selanjutnya masukkan irisan daun bawang kemudian aduk dan uleni adonan menggunakan sendok kayu sambil masukkan 300 gram tepung aci sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi kalis dan mudah dibentuk. Jika adonan sudah tidak terlalu panas uleni dengan tangan supaya adonan rata sempurna.

3. Kemudian bentuk adonan menjadi bulat-bulat pipih lalu taburi dengan sedikit tepung aci agar tidak lengket ditangan. Setelah itu goreng adonan cireng dengan minyak panas menggunakan api kecil saja, jangan lupa bolak-balik agar matang merata. Setelah itu angkat dan tiriskan.

4. Siapkan piring saji dan cireng siap untuk disajikan.

Untuk anda yang tertarik mencobanya sendiri dirumah, saya akan membagikan video tutorial cara membuat cireng empuk tidak alot dan kenyalnya pas. Berikut link nya https://youtu.be/jqpv54FsL8w silahkan dilihat ya videonya, dan selamat mencoba.

3. Resep Cireng Santan Tanpa Isi

Beriktunya adalah variasi penggunaan santan pada adonan cireng agar menjadi lebih gurih, untuk melengkapi kreasi cireng sebagai menu cemilan di rumah, berikut saya bagikan resep dan cara membuatnya, simak ya.

Bahan dan bumbu :

 ¼ kg tepung aci / kanji / tapioka

 1 sendok makan tepung terigu

 2 batang daun bawang ( iris tipis )

 2 batang daun seledri ( iris tipis )

 4 siung bawang putih ( haluskan )

 200 ml santan

 Garam, merica dan penyedap rasa secukupnya

 minyak goreng

Cara membuat cireng santan :

1. Pertama – tama campur tepung aci dengan terigu dalam sebuah wadah, beri merica, garam dan penyedap rasa secukupnya serta irisan daun bawang dan daun seledri kemudian aduk – aduk sampai rata.

2. Selanjutnya tumis bawang putih halus sampai tercium bau harum, kemudian masukkan santan lalu aduk dan masak sampai mendidih. Setelah itu angkat dan langsung tuang ke dalam adonan tepung sambil diaduk rata, kemudian uleni adonan dengan tangan sampai kalis.

3. Bentuk adonan sesuai selera atau dibentuk bulat dan dipipihkan, selanjutnya goreng adonan dengan minyak panas menggunakan api kecil saja, goreng sampai warnanya kecoklatan dan matang merata. Setelah itu angkat dan tiriskan.

4. Siapkan piring saji dan cireng santan siap untuk disajikan.

4. Resep Cireng Isi Ayam Pedas

Selanjutnya ini ada menu cireng dengan isian ayam pedas. Rasa cireng yang enak ditambah isin ayam yang sangat menggugah selera, pasti akan sangat disukai keluarga ya. Penasaran kan bagaimana cara bikinnya, yaudah langsung saja saya bagikan resep dan cara pembuatannya khusus untuk anda.

Bahan – bahannya ada bahan kulit dan bahan isian, simak berikut ini.

Untuk bahan kulit :

 500 gram tepung kanji

 5 sendok makan tepung terigu

 1 sendok makan garam

 1 sendok teh gula

 1/2 sendok teh kaldu bubuk

 1 batang daun bawang ( iris tipis )

 400 ml air

Bahan isian :

 1/4 dada ayam fillet ( rebus kemudian potong kecil-kecil )

 1 ons cabai rawit

 3 siung bawang merah

 2 siung bawang putih

 1/2 sendok teh merica

 Garam secukupnya

 Kaldu bubuk secukupnya

 1/2 sendok teh gula

 Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya yaitu :

1. Pertama masak air, kemudian masukkan bawang putih. Sambil menunggu airnya mendidih, campurkan  tepung kanji, terigu, gula, garam, kaldu dan daun bawang.

2. Setelah dicampur, siram dengan air mendidih sambil diaduk – aduk perlahan. Uleni adonan sampai kalis dan sampai tidak menempel di tangan dan adonan  mudah untuk dibentuk.

3. Haluskan semua bumbu untuk ayam, kemudian tumis. Setelah harum, masukkan ayam dan bumbu pelengkap. Lalu aduk – aduk sampai rata dan kemudian angkat.

4. Masukkan ayam ke dalam adonan tepung kanji ( adonan cireng ). Bisa dibentuk sesuai selera atau bentuk bulatan – bulatan kecil saja. Kemudian goreng adonan dalam minyak panas menggunakan api kecil saja. Jangan lupa bolak – balik agar matangnya merata. Setelah itu angkat dan tiriskan.

5. Siapkan piring saji dan cireng isi ayam pedas siap untuk disajikan.

Untuk mempermudah jikan anda ingin mencobanya sendiri dirumah, berikut saya bagikan link video yang bisa anda ikuti caranya https://youtu.be/z8k64ETfIdA , semoga bermanfaat ya, dan selamat mencobanaya dirumah.

5. Resep Cireng Gimbal Krenyes

Kali ini ada cireng gimbal krenyes. Ya cireng memang bisa dikreasikan dalam berbagai varian, seperti halnya cireng gimbal berikut ini. Baiklah langsung saja simak resep dan cara pembuatannya ya.

Bahan untuk mmebuat cireng gimbal :

 7 Sendok makan tepung kanji

 2 Sendok makan tepung terigu

 1 batang daun bwang atau sledri

 Garam dan penyedap rasa secukupnya

 Merica secukupnya

 air secukupnya ( didihkan dulu ya airnya )

Cara membuatnya sebagai berikut :

1. Masukan tepung kanji dan tepung terigu kedalam baskom, kemudian aduk rata, beri garam dan merica secukupnya,tambahkan juga daun bawang, lalu aduk lagi sampai tercampur semuanya.

2. Setelah itu tambahkan air mendidih ( airnya harus benar – benar mendidih ya, karena jika tidah benar – benar mendidih, adonannya tidak akan gimbal ). Airnya di tuang sedikit demi sedikit saja asal adonan jangan terlalu lembek dan sudah bisa di bentuk. Jika terasa panas, aduk menggunakan sodet terlebih dahulu, jika dirasa sudah agak dingin baru aduk menggunakan tangan. mengaduknya jangan terlalu di tekan, cukup di remas – remas saja, uleni kasar , dan jangan sampe lembut.

3. Kemudian siapkan penggorengan, panaskan minyak goreng Lalu aambil sedikit adonan, dan bentuk pipih, kemudian goreng dalam minyak menggunakan api kecil saja. Jangan lupa bolak – balik agar tidak gosong. Setelah itu angkat dan tiriskan.

4. Siapkan piring saji dan cireng gimbal siap untuk disajikan.

6. Resep Cireng Salju Crispy

Selanjutnya ini saya akan berbagi tentang resep masakan untuk anda semua. Supaya anda lebih pintar memasak dan semakin disayang suami pastinya. Kali ini saya akan membagikan resep serta cara membuat cireng salju crispy. Berikut ini bahan-bahan dan cara membuatnya.

Bahan dan bumbunya sebagai berikut :

 150 gram tepung aci ( atau tepung tapioka )

 1/2 sendok teh merica

 2 butir bawang putih ( dihaluskan )

 1/2 sendok teh penyedap rasa

 2 batang daun bawang ( iris )

 Garam secukupnya

 Siapkan juga sedikit tepung aci untuk taburan Biang

 50 gram tepung aci

 100 ml air dan 50 ml santan kara

Cara membuat :

1. Pertama – tama campurkan tepung aci, merica, bawang putih, daun bawang dan kaldu bubuk, aduk sampai rata kemudian sisihkan dulu.

2. Kemudian campurkan bahan biang lalu didihkan, aduk terus sampai adonan mengental seperti lem, kemudian matikan apinya.

3. Campurkan adonan tepung pertama ke dalam biang. Masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan tetapi jangan sampai kalis ya, cukup aduk dengan cara dicubit-cubit saja agar adonannya merata.

4. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat pipih tetapi jangan terlalu tipis, tambahkan tepung aci di telapak tangan agar adonan tidak lengket di tangan dan tidak menempel satu sama lainnya.

5. Setelah semua adonan sudah dibentuk, goreng dalam minyak panas sampai matang menggunakan api sedang saja agar tidak menggelembung. Setelah itu angkat dan tiriskan.

6.     Siapkan piring saji dan cireng salju crispy siap untuk disajikan.

7. Resep Cireng Banjir

Berikutnya ada resep cireng banjir, kali ini beda tidak menggunakan sambel cocol, tetapi dengan siraman kuah. Yang satu ini cocok sekali dimakan saat malam atau saat dingin – dingin gitu, pasti maknyus rasanya. Simak  ya resep dan cara buatnya berikut.

Bahan cireng banjir adalah sebagai berikut :

Bahan cireng:

 50 ml

 100 gram tepung aci

 Penyedap rasa secukupnya

Bahan kuah :

 1 bungkus boncabe level 15 ( atau sesuai selera )

 1 gelas air

 Penyedap rasa secukupnya

 1 siung Bawang putih

 3 sendok makan Minyak goreng

Cara membuat cireng banjir :

1. Pertama kita buat dulu adonan untuk cirengnya, caranya panaskan air dalam panci, masukkan tepung Aci yang sudah di bumbui, lalu aduk sampai menjadi lem.

2. Bentuk adonan cireng menggunakan sendok. Jangan lupa diberi tepung aci kering agar tidak lengket. Kemudian goreng sampai matang ( gunakan api kecil ), setelah itu angkat dan sisihkan dulu.

3. Selanjutnya kita buat kuahnya. Caranya panaskan wajan, tumis bawang putih yang sudah di geprek sampai tercium aroma harum.

4. Masukan air, boncabe, garam, dan pecin, aduk – aduk sampai tercampur rata.

5. Siapkan piring saji, letakkan cireng pada piring kemudian siram menggunakan kuahnya, dsan cireng banjir siap untuk disajikan.

8. Resep Cireng Nasi Sisa Renyah

Dari segi adonan dasar dan bumbu cireng ( aci digoreng ) ini adalah sama menggunakan tepung kanji hanya saja yang unik dari cireng ini yakni penambahan nasi sisa kemarin kedalam adonannya. Ini salah satu tips untuk memanfaatkan nasi sisa kemarin atau sisa semalam. Penasaran bagaimana cara buatnya dan apa saja bahannya, simak resepnya berikut ya.

Bahan yang digunakan adalah :

• 200 gram nasi sisa

• 200 gram tepung kanji

• 2 sendok makan tepung terigu

• 100 ml air hangat

• 2 buah bawang merah

• 3 siung bawang putih

• 3 batang daun bawang

• 1/2 sendok teh garam

• 1 sendok teh kaldu bubuk

• Minyak goreng secukupnya

Cara membuat cireng nasi sisa :

1. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan garam.

2. Kemudian iris tipis daun bawang.

3. Selanjutnya campur nasi, tepung kanji, dan tepung terigu, lalu aduk sampai rata.

4. Tambahkan air hangat sedikit sedikit. Uleni sampai tercampur rata.

5. Pipihkan adonan dasar cireng, goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan.

9. Resep Cireng Kukus

Untuk menu  yang terakhir ini ada cireng kukus. Penasaran bagaimana cara bikinnya? Yuk langsung saja intip bahan – bahan dan cara membuatnya berikut ini.

Bahan cireng kukus adalah sebagai berikut  :

 ¼ kg tepung terigu

 ¼ kg tepung kanji

 7 siung bawang putih

 6 siung bawang merah

 4 buah kemiri

 Penyedap rasa secukupnya

 Merica bubuk secukupnya

 Minyak goreng

 Plastik ( digunakan untuk membungkus )

 1 butir telur

Berikut ini cara membuatnya :

1. Pertama – tama campurkan tepung terigu, tepung kanji, merica bubuk, dan penyedap rasa, lalu aduk sampai rata.

2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan kemiri, setelah itu tambahkan kedalam tepung untuk membubui tepung.

3. Selanjutnya tambahkan air, lalu aduk sampai semuanya  benar-benar rata. Kekentalan adonannya sedang saja ya agar tidak keras, dan juga  jangan terlalu lumer karena hasilnya akan lembek.

4. Siapkan air mendidih sambil menunggu adonan dibungkus.

5. Kemudian bungkus adonan menggunakan plastik kecil ( jangan terlalu besar plastiknya agar adonannya bisa matang merata saat dikukus ).

6. Setelah semua adonannya terbungkus,  selanjutnya rebus kedalam air mendidih kurang lebih 35 menit.

7. Jika sudah matang, kemudian angkat dan dinginkan ( cireng kukus ini teksturnya cenderung lembek saat masih panas, tetapi akan mengeras sendiri saat sudah dingin ).

8. Setelah adonan sudah  dingin, selanjutnya potong dan goreng bersama telur kocok. Jangna lupa bolak balik agar matangnya merata. Kemudian angkat dan tiriskan.

9. Siapkan  piring saji dan cireng siap untuk disajikan.

Tips Agar Cireng Anda Renyah Dan Kenyal Anti Alot

Bagaimana resep – resep dari saya diatas? Mudah sekali kan untuk dicobanya sendiri dirumah. Membuat cemilan sendiri dirumah akan terasa sangat menyenangkan dengan resep – resep tadi, karena memang sangat simple. Nah untuk selanjutnya saya akan membagikan trik – trik khusus yang bisa membuat cireng ini garing diluar dan kenyal ketika digigit. Hmmm yummmi kan. Penasaran? Yuk langsung aja simak caranya berikut ini.

1. Gunakan air hangat agar  bahan biang tercampur dengan baik dan cepat jadi lem. Ketika dipanaskan, pastikan juga anda memakai kompor dengan api kecil, ya.

2. Aduk adonan biang dan bahan kering seperti menguleni adonan roti, dan mengaduknya cukup  sampai kalis saja ya, karena jika terlalu lama bisa membuat adonannya jadi keras.

3. Saat membentuk adonan, taburi dulu  tangan anda dengan tepung aci dan usapkan kedua tangan. Dengan begitu, adonan cireng juga tidak akan lengket di tangan dan akan lebih mudah dibentuk. Jika ingin lebih renyah, adonan yang sudah dipipihkan  bisa ditaburkan sedikit tepung aci lagi.

4. Tuang banyak minyak dalam penggorengan karena cireng sebaiknya digoreng deep-fry, goreng cireng dengan api sedang. Cireng dengan tekstur renyah di luar dan kenyal di dalam tidak butuh digoreng lama. Saat kulit luarnya mulai terlihat kering, segera angkat dari minyak dan tiriskan.

Mudah, kan cara bikinnya? Cireng ini sangat cocok dikonsumsi selagi masih hangat. Agar rasanya semakin lengkap, cireng renyah tersebut bisa dicocol dengan aneka macam saus sambal lho. Selamat mencoba dan semoga tips – tips dari saya bermanfaat untuk anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *