8 RESEP TEMPE OREK ALA RUMAHAN YANG PRAKTIS SERTA TIPS MENYIMPAN TEMPE OREK AGAR TAHAN LAMA

Tempe adalah kuliner yg telah sangat familiar pada masyarakat. Siapa yang tidak kenal menggunakan tempe? Pasti seluruh orang telah mengenalinya. Bahkan negara tetangga pun sudah mulai melirik tempe buat dijadikan olahan khas.

Tempe pula bisa dikatakan sebagai bahan makanan primer karena hampir pada setiap rumah tiap harinya pasti menyediakan tempe sebagai menu kuliner utama ataupun sebagai lauk pauk. Tempe ini memiliki kandungan gizi yg sangat baik buat tubuh, lantaran bahan utamanya merupakan kacang kedelai yang sudah tidak diragukan lagi kandungan proteinnya.

Selain diolah menjadi makanan tradisional, sekarang tempe juga bisa dijadikan sebagai hidangan kekinian di restoran ? Restoran besar , & peminatnya pun pula cukup banyak. Terbukti kan bila tempe juga mampu bersaing menggunakan menu ? Hidangan lain pada pasaran. Bahkan cita rasanya semakin banyak yg mencari makanan satu ini.

Tempe ini mampu di kreasikan pada aneka macam jenis olahan kuliner. Dan yg relatif digemari masyarakat salah satunya yaitu olahan tempe orek. Tempe orek ini sangat cocok untuk lauk makan bahkan juga bisa disimpan dulu dilemari kuliner buat dijadikan menjadi persediaan. Atau jua sanggup dijadikan menjadi bekal waktu bepergian jauh.

Rasanya yang enak & gizinya yg bagus untuk tubuh membuat kuliner satu ini sangat diminati masyarakat, selain itu cara membuatnya juga terbilang cukup mudah.

Kali ini saya akan membahas berbagai macam resep dan cara membuat tempe orek yang enak, renyah, dan juga tips – tips agar tempe orek ini tahan lama saat dibawa untuk bekal ketika bepergian.

Untuk yg pertama ini terdapat sajian tempe orek sederhana, sesuai menggunakan namannya cara pembuatan tempe orek ini sangat mudah dan dengan bumbu ? Bumbu yg sederhana. Tanpa wajib berlama- lama , pribadi saja simak bahan dan cara pembuatannya ini dia.

1. Resep Tempe Orek Sederhana

Bahan :

? 500 gram tempe

? 100 mililiter air

? 55 gram gula merah

? 15 gram asam jawa

? Garam secukupnya

? Tiga buah bawang merah

? 2 siung bawang putih

? 2 buah cabai merah akbar

? 3 butir cabai merah keriting

? Minyak goreng

Cara membuat  :

1. Iris tipis bawang merah & bawang putih.

Dua. Haluskan cabe merah besar dan cabai merah keriting.

Tiga. Potong tempe berbentuk batang mini ? Kecil.

4. Siapkan penggorengan, rebus minyak, selesainya itu goreng tempe sampai kering, kemudian angkat dan tiriskan.

5. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Kemudian masukkan cabe merah akbar & cane merah keriting yg sudah dihaluskan tersebut, masukkan pula gula merah & air, lalu aduk rata sampai homogen. Masukkan asam jawa & garam secukupnya, kemudian aduk lagi sampai rata, masak sampai mendidih dan airnya mengental. Setelah itu matikan barah. Biarkan sementara waktu hingga panasnya berkurang.

6. Apabila panasnya sudah berkurang, baru tambahkan tempe yang telah digoreng kemarau tadi, kemudian aduk rata sampai seluruh bumbunya tercampur homogen, kemudian angkat.

7. Siapkan piring saji, & tempe orek sederhana siap buat disajikan.

2. Resep Orek Tempe Basah

Yang satu ini ada kreasi tempe orek yang berbeda dari biasanya. Seperti yang sering kita ketahui, umumnya orek tempe itu bumbunya kering tanpa ada kuahnya, nah untuk kali ini saya akan membagikan resep orek tempe basah, mungkin bisa dicoba untuk selingan agar tidak seperti orek tempe biasanya. Berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan :

? 1 butir tempe

? 3 buah cabe

? Lengkuas secukupnya

? Tiga siung bawang merah

? 2 siung bawang putih

? ? Sendok teh lada bubuk

? Garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya

? 2 sdm kecap manis

? Air secukupnya

? Minyak goreng

Cara menciptakan :

1. Iris tipis bawang merah, bawang putih, dan cabe.

2. Geprek lengkuas.

3. Potong ? Pangkas tempe berbentuk batang kecil ? Mini atau sinkron selera.

4. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng tempe sampai 1/2 matang saja ( sengaja digoreng setengah matang karena akan dibuat orek tempe basah ). Setelah itu angkat & tiriskan.

Lima. Panaskan sedikit minyak, lalu tumis bawang merah & bawang putih hingga harum, kemudian masukkan irisan cabai, mixer sebentar, kemudian masukkan air, kemudian masukkan lada serbuk, kecap anggun, sedikit garam, gula, & penyedap rasa. Aduk lagi hingga rata.

6. Kemudian tambahkan tempe yang telah digoreng setengah matang tadi, aduk rata ? Aduk rata sampai semua bumbu merata. Tunggu sementara waktu sampai matang atau hingga kuahnya sedikit mengeluarkan minyak. Setelah itu angkat.

7. Siapkan piring saji, & orek tempe basah siap buat disajikan.

Tiga. Resep Orek Tempe Cabe Ijo

Orek tempe dengan tambahan cabai ijo, bagi anda penyuka pedas olahan ini sangatlah cocok bagi lidah anda. Pembuatannya pun juga sangat mudah, langsung saja saya bagikan bahan dan cara pembuatannya.

Bahan :

? 200 gram tempe

? 1 genggam pete atau sinkron kesukaan

? 5 buah cabe keriting ijo

? Tiga siung bawang putih

? 5 butir bawang merah

? 2 lembar daun salam

? 1 btg daun bawang

? Tiga,5 sendok makan kecap cantik atau sinkron selera

? 1 sdt kaldu fungi

? 1 sdt gula

? 1 sendok teh garam

? 300 mililiter air

Cara menciptakan :

1. Iris  cabai ijo dan daun bawang menyerong.

2. Iris tipis ? Tipis bawang merah.

Tiga. Cincang bawang putih.

4. Potong tempe berbentuk kotak ? Kotak mini atau sinkron kesukaan.

Lima. Siapkan penggorengan, goreng tempe yang telah dipotong sampai kering. Kemudian angkat dan tiriskan.

6. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan daun salam, pete, & cabe ijo, kocok ? Campurkan dan kocok hingga tercampur, kemudian tambahkan air, tunggu sebentar hingga airnya sedikit menyusut.

7. Setelah airnya sedikit menyusut, masukkan tempe yg telah digoreng kemarau tersebut, kocok sampai semua bumbu merata, tambahkan kecap cantik, kaldu fungi, sedikit garam dan gula.

8. Apabila semua bumbu telah tercampur homogen, kecilkan barah dan pisahkan selama beberapa waktu supaya bumbunya semakin meresap, selesainya itu angkat.

9. Siapkan piring saji, dan orek tempe cabe ijo siap buat disajikan.

4. Resep Orek Tempe Pedas Manis

Bahan:

? 300 gr tempe, pangkas dadu

? 3 siung bawang putih

? 5 siung bawang merah

? 5 butir cabe rawit

? 1 batang serai

? 1 centimeter lengkuas

? 1 lbr daun salam

? 1 sendok makan saus tiram

• 1 sendok teh  merica bubuk

• 2 sendok makan  kecap

? Garam secukupnya

? Air secukupnya

Cara membuat:

1. Potong tempe berbentuk dadu atau sinkron selera.

2. Iris tipis bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit.

3. Memarkan lengkuas & batang serai.

4. Siapkan penggorengan, rebus minyak, goreng tempe sampai 1/2 matang. Kemudian angkat dan tiriskan.

Lima. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan daun salam, serai, lengkuas, dan cabai rawit. Tumis lagi hingga harum.

6. Masukkan kecap anggun, saus tiram & merica serbuk, masukkan sedikit air. Masak hingga mendidih. Kemudian kecilkan apinya.

7. Setelah itu tambahkan tempe, kocok ? Aduk sampai bumbu tercampur homogen, masak sampai kuahnya menyusut dan bumbu meresap. Kemudian matikan api dan angkat.

8. Siapkan piring saji dan orek tempe pedas anggun siap buat disajikan.

Lima. Resep Orek Tempe Kacang

Untuk yang kelima ada orek tempe dengan tambahan kacang tanah goreng, bisa dibayangkan kan gurihnya kacang tanah bercampur dengan rasa khas tempe yang enak banget yang bercampur dengan bumbu – bumbu orek. Tanpa perlu berlama – lama, inilah resep bahan dan cara pembuatannya.

Bahan :

? 750 gram Tempe

? 75 gram Kacang tanah

? Dua sdm Bawang merah goreng

? 13 buah Cabe merah keriting

? 7 siung Bawang merah

? Lima siung Bawang putih

? Dua lbr Daun salam

? 4 lembar Daun jeruk

? 2 centimeter Lengkuas

? 2 mata asam jawa

? 3 sendok makan Gula merah

? 1/2 sendok teh Gula pasir

? 1 sendok teh Kaldu serbuk

? Garam secukupnya

? Minyak goreng

Cara menciptakan :

1. Iris tipis bawang merah & cabai merah keriting.

2. Cincang halus bawang putih.

Tiga. Sisir halus gula merah.

4. Buang tulang daun jeruk.

5. Geprek lengkuas.

6. Seduh asam jawa dengan tiga sendok makan air panas.

7. Potong tempe berbentuk btg kecil ?Mini .

8. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng tempe sampai kering, selesainya itu angkat dan tiriskan.

9. Kemudian goreng kacang tanah memakai api kecil agar nir hingga gosong. Lalu angkat & tiriskan.

10. Panaskan sedikit minyak, tambahkan cabe merah keriting tunggu sampai agak kering, kemudian tambahkan bawang merah dan bawang putih, tumis sementara waktu sampai harum.

11. Setelah itu tambahkan daun salam, daun jeruk, & lengkuas, campurkan dan kocok hingga homogen. Lalu tuang air seduhan asam jawa, masukkan gula merah dan campurkan dan kocok terus hingga gula larut. Kemudian masukkan gula pasir, kaldu serbuk, & sedikit garam, aduk lagi hingga rata. Tunggu sebentar sampai agak mengental, kemudian matikan barah.

12. Tunggu sebentar hingga relatif dingin kurang lebih selama 3 sampai dengan lima menit. Baru masukkan tempe dan kacang yg telah digoreng kering tadi, aduk rata terus hingga semua bumbu tercampur rata dengan tempe dan kacang. Setelah itu taburi bawang goreng dan aduk rata lagi sampai homogen, lalu angkat.

13. Siapkan piring saji, dan orek tempe kacang siap buat tersaji ( Atau masukkan ke pada wadah kedap udara apabila ingin dibuat persediaan ).

6. Resep Orek Tempe Udang Kecap

Selanjutnya ada orek tempe dengan tambahan udang, rasa tempe yang enak bercampur dengan udang yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Pasti enak sekali rasanya jika dimasak dengan bumbu orek. Langsung saja simak bahan dan cara pembuatannya berikut ini.

Bahan :

? 1 papan Tempe

? Lima-6 siung Bawang merah

? Tiga siung Bawang putih

? 10-12 butir cabai merah keriting

? 1/dua sdt lada

? 4 buah Kemiri

 cabe rawit sesuai selera  ( jika suka pedas )

? Minyak goreng

? Kecap manis secukupnya

? Garam, gula, dan kaldu bubuk secukupnya

? Dua lbr Daun salam

? Dua lembar Daun jeruk

? 1 btg Sereh, digeprek

? 100 gr Udang basah

Cara menciptakan :

1. Potong ? Potong tempe berebentuk kotak atau sesuai selera.

2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, lada, cabai merah kriting, dan cabe rawit.

Dua. Siapkan penggorengan, goreng tempe yang sudah dipotong hingga setengah matang. Kemudian angkat & tiriskan.

3. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah, bawang putih, kemiri, lada, cabai merah keriting dan cabe rawit yg telah dihaluskan tadi. Tumis sampai baunya harum.

4. Kemudian masukkan daun salam, & jeruk, & sereh.

5. Setelah itu tambahkan udang segar, masak sampai matang atau sampai udang berubah rona.

6. Kemudian masukkan tempe yg telah digoreng 1/2 matang tersebut. Aduk terus sampai semua bumbunya tercampur.

7. Kemudian masukkan kecap cantik, garam, gula, dan kaldu bubuk sesuai selera.

8. Tambahkan sedikit air, campurkan dan kocok lagi sampai semua bumbu tercampur menggunakan tempe & udang. Masak menggunakan api kecil, tunggu sampai matang. Setelah itu angkat.

9.  Siapkan piring saji, dan orek tempe udang kecap siap untuk disajikan.

7. Resep Tempe Orek Teri

Ikan teri itu sendiri memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, apalagi jika dicampur dengan tempe yang juga tinggi kandungan proteinnya. Cocok sekali kan untuk bekal anak – anak ke sekolah. Berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan :

? 1 papan tempe

? 2 genggam ikan teri

? 5 buah cabai hijau

? 3 blok kecil gula merah

? 2 lembar daun salam

? 2 buah bawang putih

? 5 buah bawang merah

? 10 buah cabai merah keriting

? 1 ruas jahe2 ruas lengkuas

? 1/dua gelas mini air

? Garam dan penyedap rasa secukupnya

? Minyak goreng

Cara menciptakan :

1. Potong tempe berbentuk dadu atau sinkron selera.

2. Iris serong cabai hijau.

Tiga. Sisir gula merah sampai halus.

4. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabe merah keriting.

5. Geprek jahe dan lengkuas.

6. Siapkan penggorengan, rebus minyak, goreng tempe yg sudah dipotong tadi hingga 1/2 matang. Kemudian angkat dan tiriskan.

7. Setelah itu goreng ikan teri sampai warnanya kuning keemasan.

8. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah, bawang putih, & cabai merah kriting sampai harum. Lalu masukkan gula merah serut & irisan cabai hijau, aduk rata hingga tercampur, lalu tambahkan air, garam, & penyedap rasa. Masak sampai airnya sedikit menyusut.

9.  Setelah itu kecilkan api, lalu masukkan tempe dan ikan teri goreng, aduk – aduk dan tunggu sampai matang atau sampai airnya semakin menyusut. Kemudian angkat.

10. Siapkan piring saji, dan tempe orek teri siap untuk tersaji.

8. Resep Orek Tempe Petai

Yang terakhir bagi penikmat petai, ini cocok sekali untuk anda coba, kali ini ada orek tempe petai. Soal rasa pasti tidak diragukan lagi apalagi bagi pecinta petai, sudah pasti akan sangat menempel dilidah mereka. Baiklah langsung saja saya bagikan resep bahan dan cara pembuatannya berikut ini.

Bahan :

? Dua papan tempe

? Dua genggam petai

? 8 butir bawang merah

? 5 siung bawang putih

? 2 batang serai

? 2 lembar daun salam

? 2 lbr daun jeruk

? 5 butir cabe hijau

? 6 sendok makan kecap manis

? 5 butir cabai rawit

? 50 ml air

? Garam,penyedap rasa, & gula pasir secukupnya

 Minyak  goreng

Cara menciptakan :

1. Potong petai menjadi 2 bagian.

2. Potong ? Pangkas tempe berbentuk dadu atau sinkron selera.

3. Iris tipis bawang merah, bawang putih, cabai hijau, dan cabe rawit.

4. Memarkan btg serai.

Lima. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng potongan tempe hingga setengah matang. Kemudian angkat & tiriskan.

6. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah & bawang putih sampai harum, kemudian masukkan serai, daun salam, daun jeruk, dan kecap anggun, abaikan sebentar sampai terkaramel. Lalu masukkan air, beri garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya. Dan kecilkan apinya.

7. Setelah itu masukkan tempe yg telah digoreng setengah matang tersebut, masukkan pula petai, cabe hijau & cabai rawit, kemudian campurkan dan kocok hingga semua tercampur dengan bumbu. Biarkan sebentar sampai bumbu mengental & meresap. Setelah itu matikan api kemudian angkat.

8. Siapkan piring saji, dan orek tempe petai siap untuk disajikan.

Bagaimana resep ? Resep orek tempe yang telah aku bagikan diatas, cukup gampang kan. Bahan ? Bahannya pun jua mudah didapat di toko ? Toko lebih kurang rumah, dan pastinya menggunakan harga yg terjangkau.

Tips Membuat Oreg Tempe Agar Bisa Tahan Lama

Saya juga akan membagikan tips – tips agar orek tempe yang telah kita buat bisa tahan lama, atau cocok untuk dibawa bekal saat bepergian. Berikut tips dari saya agar orek tempe tahan lama :

1. Upayakan iris tempe setipis mungkin keika memotong waktu akan dimasak.

2. Saat menggoreng tempe ketika akan mengolah, goreng sampai benar ? Benar kering agar tempe tetap krispi.

3. Setelah dimasak dan ingin menyimpannya, sebelum orek tempe dimasukkan dalam wadah, tunggu sampai orek tempe benar ? Sahih sudah dingin, baru tambahkan kedalam wadah.

4. Gunakan wadah yang kedap udara buat menyimpan orek tempe supaya lebih tahan lama .

Semoga artikel aku kali ini bermanfaat buat anda, selamat mencoba resep ? Resep orek tempe menurut aku , & semoga tips yang saya bagikan sanggup bermanfaat bagi anda. Terimakasih & selamat berkreasi.

Jangan lupa buat membagikan 8 Resep Tempe Orek Ala Rumahan Yang Mudah Serta Tips Menyimpan Tempe Orek Agar Tahan Lama pada sahabat, saudara serta kerabat anda. Dan tulis dikolom komentar sajian kuliner apa yg anda innginkan untuk saya bagikan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *