6 RESEP KREASI PUDDING KARAMEL YANG AKAN MEMANJAKAN LIDAH

0

Untuk menciptakan puding karamel atau krim karamel tidak sesulit yg dibayangkan. Bahan – bahan yang pada perlukan buat membuat pudding karamel yakni telur, susu, dan gula. Sebenarnya pudding karamel ini hanya menggunakan esen vanila buat menambah cita rasa & buat memberikan aroma yang lezat . Tetapi anda boleh memadukannya menggunakan perisa yg lain misalnya coklat, pandan bahkan coffee.

Teknik yang paling krusial dalam membuat puding karamel adalah saat anda membuat gula karamelnya. Gula ini dipanaskan sampai sebagai berubah rona relatif kuning kecoklatan, namun jangan sampai biarkan gula hingga gosong. Lantaran gula karamel yang hangus akan membuat cita rasanya menjadi getir.

1. Resep Puding Karamel

Tidak seperti resep kebanyakan, puding yang satu ini tidak menggunakan bahan agar – agar sama sekali, melainkan hanya telur dan susu. Meski begitu, hal ini tidak mengurangi kecantikan dan kelezatan puding saat disajikan. Saus karamel yang meleleh di atasnya menambah cantik penampilan sekaligus membuat rasanya semakin lezat. Puding ini akan lebih nikmat jika disajikan dingin.

Bahan ? Bahan :

  • 4 butir telur
  • 500 ml susu
  • 10 sendok makan gula pasir
  • Butter atau mergarin secukupnya untuk mengolesi loyang
  • Cetakan pudding

Bahan saus karamel :

  • 8 sendok makan karamel
  • 2 sendok makan air
  • 4 sendok makan air panas

Langkah pembuatan :

  1. Olesi cetakan pudding dengan butter atau margarin. Sisihkan.
  2. Saus karamel : masak gula dan air dengan api sedang. Jangan diaduk, biarkan gula larut perlahan hingga warnanya berubah jadi coklat keemasan lalu matikan api. Tuang air panas sedikit demi sedikit sambil menggoyang-goyangkan panci agar semuanya tercampur rata. Tuang saus karamel ke cetakan puding. Sisihkan.
  3. Siapkan wadah dan kocok lepas telur. Sisihkan.
  4. Dalam panci, panaskan susu dan gula pasir. Masak hingga gula larut, tidak perlu sampai mendidih. Angkat dan tunggu sampai agak dingin.
  5. Sambil diaduk, tuang susu perlahan-lahan ke dalam kocokan telur. Aduk rata. Saring adonan bila perlu.
  6. Tuang adonan ke dalam cetakan puding.
  7. Kukus dalam panci kukusan yang telah dipanaskan terlebih dulu (sekitar 30 menit sebelumnya). Tutuplah panci menggunakan tutup yang telah dibungkus kain lap bersih.
  8. Masak hingga pudding mengeras. Angkat.
  9. Dinginkan lalu keluarkan puding dari cetakan dengan membaliknya dan mengeluarkan puding ke atas piring saji.

Tips :

  • Ketika memasak saus karamel, jangan mengaduk-aduknya dengan sendok karena akan sangat lengket. Cukup menggoyang pancinya agar karamel bisa tercampur dan matang sempurna.
  • Jaga jarak antara muka dengan panci saat menuang air panas ke dalam karamel. Karena biasanya karamel akan memercik.
  • Saat mengeluarkan puding dari cetakan, terutama sebelum membalik cetakan ke piring, gunakan pisau plastik atau spatula untuk menusuk dan mengelilingi pinggir cetakan. Agar puding lebih mudah terlepas dan keluar dari cetakan.

2. Resep Membuat Puding Karamel Lembut

Semua usia pasti suka dengan dessert atau makanan pencuci mulut yang satu ini, yaitu pudding. Pudding merupakan salah satu dessert yang mudah untuk dibuat dan disukai oleh semua usia. Kali ini saya akan berbagi resep pudding yang sehat, enak dengan bahan yang mudah didapat dan yang paling penting cara memasaknya juga sederhana.

Bahan Karamel :

  • 40 gr gula
  • 1 sdm air

Bahan Custard :

  • 3 butir telur
  • 300 ml susu tawar
  • 60 gr gula

Cara Memasak Karamel :

  1. Masukkan gula dan air ke dalam panci saus, lalu diamkan sampai air berubah menjadi berwarna kecoklatan, jangan mengaduknya dengan sendok. Jika ingin meratakan gula dan air cukup miringkan panci ke kiri dan kanan.
  2. Masukkan karamel ke dalam cetakan pudding atau ke dalam gelas yang berukuran kecil. Setelah karamel selesai dipindahkan ke cetakan, panci saus jangan langsung dicuci karena sisa karamel yang menempel di panci akan menjadi bagian untuk memasak custard.

Cara Memasak Custard :

  1. Masukkan 2 sendok teh air ke dalam panci saus sesudah memasak karamel lalu aduk merata sehingga karamel tercampur dengan air.
  2. Panaskan susu selama 2 menit di microwave atau sampai hangat saja, bisa juga panaskan sebentar di atas kompor, tapi jangan sampai mendidih. Lalu tuangkan di panci saus yang berisi air karamel.
  3. Campurkan telur dengan gula lalu kocok lepas, kemudian masukkan susu secara bertahap kemudian aduk rata.
  4. Saring adonan agar menghasilkan tekstur pudding yang lembut dan halus.
  5. Masukkan adonan ke dalam cetakan pudding atau gelas yang sudah diisi oleh karamel. Tutup cetakan puding atau gelas dengan alumunium foil.
  6. Gunakan panci penggorengan yang dialasi tissue dapur, masukkan cetakan ke panci penggorengan yang sudah di isi air panas, lalu tutup panci. Masak selama 20-25 menit dengan api kecil. Bisa juga langsung menggunakan panci kukusan jika ada.

Pudding karamel yang nikmat telah mampu disantap. Pudding ini bisa disajikan dalam keadaan hangat ataupun dingin, tetapi akan lebih nikmat apabila tersaji dingin. Jadi telah siapkah Anda mencobanya?

3. Resep Puding Karamel Kukus Praktis

Pernah buat puding? Jika biasanya puding direbus, kali ini coba buat yang dikukus yuk. Caranya mudah kok, dan tentunya tak kalah enak dengan puding biasanya.

Bahan karamel :

  • 4 sdm gula pasir
  • 100 ml air panas

Bahan puding :

  • 400 ml susu UHT plain
  • 5 sdm gula pasir
  • 1 butir telur
  • 3 kuning telur
  • 1/2 sdt vanilla bubuk
  • 1/4 sdt garam

Cara menciptakan :

  1. Buat karamel dengan melelehkan gula dengan air. Aduk sesekali agar rata hingga mengental. Jangan sering diaduk agar tidak mengkristal. Tuang ke wadah kecil dan masukkan kulkas.
  2. Kocok telur bersama gula hingga gula larut. Masukkan vanila bubuk dan garam, aduk rata.
  3. Hangatkan susu jangan sampai mendidih. Setelah itu, tuangkan ke dalam adonan telur sambil diaduk rata.
  4. Tuang ke dalam cetakan, dan kukus selama kurang lebih 20-30 menit.
  5. Jika sudah matang, sajikan dengan karamel di atasnya. Bisa juga diberi toping buah-buahan.

4. Resep Membuat Pudding Karamel Lapis Coklat Yang Enak

Puding emang paling enak untuk dijadikan pencuci mulut ataupun cemilan saat kumpul bersama keluarga. Puding selain enak juga dapat menyehatkan, itulah alasan kenapa orang sangat menyukai puding.

Ditambah lagi, terdapat poly sekali varian rasa yang berbeda – beda. Kali ini saya akan berbagi Resep Cara Membuat Puding Karamel Lapis Coklat yang Enak yang sanggup anda coba sendiri di tempat tinggal . Berikut ini pedoman buat membuatnya:

Bahan Puding Karamel Lapis Coklat :

  • 1 liter susu
  • 225 gram gula
  • 10 butir telur
  • 3 sendok makan tepung maizena
  • 3 sendok makan coklat bubuk

Bahan Karamel :

  • 100 gram gula pasir
  • 25 ml air

Cara Membuat Puding Karamel Lapis Coklat :

  1. Karamel : panaskan wajan kemudian masukkan gula pasir, masak di atas api kecil. Diamkan hingga gula meleleh.
  2. Tambahkan air sambil  diaduk rata. Tuangkan ke dalam wadah tahan panas, dan sisihkan.
  3. Aduk susu bersama gula, telur dan maizena sampai gula betul-betul larut, lalu disaring. Bagi dua bagian, satu bagian ditambahkan coklat bubuk. Aduk rata.
  4. Adonan putih tersebut dituangkan di atas karamel, dikukus selama kira-kira 10 menit. kemudian dilapis dengan yang coklat. Lakukan sampai adonan habis. Masukkan dalam lemari es lalu sajikan dalam keadaan dingin.

Bagaimana? Ternyata cara membuatnya mudah kan? Enak sekali jika tersaji waktu syarat cuaca sedang panas misalnya saat ini. Silahkan coba sendiri di tempat tinggal anda. Demikianlah Resep Cara Membuat Puding Karamel Lapis Coklat yg Enak

lima. Pudding Karamel Panggang

Puding Custard Caramel atau Creme Caramel atau Caramel Flan adalah puding susu yang sangat lembut dengan saus karamel cair yang pekat. Puding ini disebut juga dengan custard karena dalam prosesnya melakukan pencampuran susu dan telur dengan cara dipanaskan.

Ketika telur bertemu dengan susu yang dipanaskan, maka protein dalam telur akan mengentalkan cairan yang kita sebut dengan custard. Dalam membuat Creme Caramel ini, ada resep yang menggunakan susu kental manis dan ada juga yang tidak.  Tapi di resep kali ini saya akan menggunakan susu kental manis.

Bahan Creme Caramel ini terdiri dari gula, telur & susu cair. Untuk aromanya saya memakai vanili extract ( jangan pakai vanili atau apapun selain vanili extract ). Tanpa Vanila Extract, aroma puding ini akan terlalu susu dan terlalu telur ( amis ). Kalau nir keberatan menggunakan aroma susu dan telur ini bahan ini sanggup dilewatkan.

Puding ini sangat mudah dibuat. Yang susah dari pembuatan Creme Caramel ini adalah membuat karamel cairnya. Pertama kali aku membuat karamel cair ini, gulanya gosong. Percobaan kedua, karena takut gosong lagi, aku buru-buru mengangkat si karamel cair yang belum sempurna sehingga jadinya Karamel Pucat hehehe.

Untuk meminimalisir kegagalan dalam membuat karamel cair jangan gunakan panci atau kuali datar . Gunakan panci berukuran sedang agak kecil yang dasarnya berbahan tebal. Pasang api sedang atau kecil, tetapi jangan terlalu kecil. Jangan kebanyakan diaduk, karena gula akan mengristal. Atau kalau bisa, jangan diaduk sama sekali.

Bahan ? Bahan Creme Caramel (Caramel Flan)

Bahan Caramel :

  • 75 gram gula pasir
  • 2 sendok makan air

Bahan puding custard :

  • 80 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok teh vanilla extract
  • 500 ml susu

Cara membuat Creme Caramel :

  1. Siapkan ramekin tahan panas, atau loyang ukuran 18×10 cm. Apabila khawatir ramekin anda akan retak saat dituangi gula cair yang panas, sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu 10 menitan di oven. Atau kalau mau praktis seperti aku hanya menggunakan aluminium foil.
    Ramekin
  2. Buat karamel cairnya terlebih dahulu sebelum membuat pudingnya. Panaskan gula dan air di dalam panci sedang sampai semua gula meleleh dan warnanya berubah menjadi coklat. Ketika sudah menjadi coklat, segera tuang ke ramekin karena gula karamel cair ini akan cepat sekali mengeras. Jangan dituang terlalu banyak, cukup tipis saja karena karamel ini nantinya akan mencair dan memberikan rasa karamel yang enak sekali.
  3. Setelah karamel cair dituang ke dalam ramekin, baru siapkan pudingnya. Panaskan susu sampai hangat, tidak usah sampai mendidih.
  4. Sambil menanti susu hangat, kocok telur, gula, garam dan vanilla extract sampai semua gula larut saja, tidak perlu sampai mengembang dan kental.
  5. Tuang susu hangat ke dalam kocokan telur dan aduk rata. Proses bertemunya susu hangat dan telur inilah yang akan membentuk custard.
  6. Setelah diaduk rata, saya akan menyaring campuran telur dan susu ini agar puddingnya nanti bertekstur lembut. Setelah disaring, baru dituangkan ke dalam ramekin yang tadi sudah dikasih karamel.
  7. Adonan pun siap dipanggan tapi dengan cara, yaitu ramekin ini direndam dalam air di loyang lalu baru dipanggang. Air di loyang mencegah dasar puding berkerak dan memberikan uap air untuk efek moist ( lembab ) di permukaan puding. Panggang selama 30 menit di suhu 170 derajat celcius. Artinya jangan panas-panas karena nanti akan membuat permukaan puddingnya retak.
  8. Setelah matang, keluarkan dari oven. Dinginkan sebentar sebelum dimasukkan ke dalam chiller atau lemari pendingin. Biasanya saya diamkan selama 12 jam. Tapi kalau sudah gak sabar, 2 jam juga udah set sih apalagi kalau kulkasnya dingin.

Nah cara menikmati puding ini adalah menggunakan menyelipkan pisau tipis di pinggir loyang, gerakkan mengelilingi loyang lalu balikkan puding pada piring putih yang cantik.

6. Resep Pudding Karamel Tanpa Telur Anti Amis Dan Tidak Perlu Dikukus

Memang nikmat makan puding karamel, apalagi dalam keadaan dingin. Terlebih lagi kalau dinikmati di kala panas, pasti sangat menyegarkan bukan?

Tapi tidak semua orang senang dengan pudding karamel karena kadang ? Kadang jika nir tahu caranya menghilangkannya niscaya puddingnya akan berbau amis lantaran bahan utama pudding ini adalah telur dan susu.

Ini beliau resep pudding karamel tanpa telur yang mudah & cepat, & yg lebih spesialnya lagi karena nir perlu dikukus. Yang gak senang pun niscaya langsung jatuh cinta dalam gigitan pertama. Penasaran? Yuk ikuti resep dibawah ini

Bahan-bahan yang diperlukan =>

Bahan gula karamel :

  • ¼ gelas gula
  • 3 sendok makan air

Bahan puding :

  • 1 bungkus agar – agar (10gr)
  • 4 gelas air
  • 500 ml susu cair
  • ½ gelas susu kental manis
  • ¾ gelas gula ( kalau ingin lebih manis jadikan 1 gelas )
  • 3 sendok tepung pudding
  • 1 1 sendok teh vanila extract

Cara pembuatan :

  1. Membuatuat Gula Karamel : pertama – tama kita panaskan gula dan air didalam wajan di atas api kecil. Tunggu hingga gula menjadi kecoklatan dan aduk rata. Sisihkan.
  2. Dalam wajan lain masukkan semua bahan pudding dan masak dengan api sedang. Tunggu sampai gula larut dan mendidih.
  3. Setelah itu tuang adonan pudding kedalam loyang atau cetakan yang sebelumya sudah berisi  karamel.
  4. Kemudian masukkan ke dalam lemari pendingin selama 2 – 3 jam atau hingga pudding mengeras.
  5. Setelah itu keluarkan pudding, dan pudding karamel tanpa telur dan kukus pun siap disajikan.

Bagaimana, gampang bukan cara buatnya? Masih ragu buat mencobanya. Anda bisa menikmatinya di sore hari sembari bersantai di beranda tempat tinggal .

Jangan lupa untuk membagikan 6 Resep Kreasi Pudding Karamel Yang Akan Memanjakan Lidah kepada teman, saudara serta kerabat anda. Dan tulis dikolom komentar menu masakan apa yang anda innginkan untuk saya bagikan selanjutnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.