6 RESEP KREASI KUE VLA YANG LUMER DIMULUT

Kali ini aku akan membahas resep kue vla, vla mampu di kreasikan mejadi berbagai macam olahan, biasanya dibentuk buat isian kue sus dan gabin. Vla pula sanggup dikreasikan menjadi topping puding, menjadi dessert & lain ? Lain.

Vla itu sendiri adalah produk susu spesial Belanda yg terbuat dari susu segar. Kata vla pertamakali dikenal dalam abad ke 13 & awalnya merujuk pada bahan custard yang digunakan buat melapisi kudapan manis atau olahan makanan lainnya.

Awalnya vla dibentuk berdasarkan telur, gula, dan susu segar. Tetapi waktu ini sudah banyak ciptaan vla yg dibuat tanpa telur, tanpa susu, bahkan dibentuk menggunakan tepung jagung. Meski umumnya dibentuk menggunakan rasa vanilla, vla pula sanggup dibentuk pada banyak sekali macam rasa seperti cokelat, karamel, pisang, jeruk, rum, blackcurrant, frambus, arbei, kayu manis, persik, dan apel.

Langsung saja aku akan membahas aneka resep olahan dari vla. Untuk detail, simak resep ? Resep berikut ya…

1. Resep Kue Gabin Goreng Isi Vla Susu

Olahan yang satu ini berbahan dasar biskuit gabin atau malkist crackers. Resep kue gabin fla susu ini bisa menjadi ide untuk membuat variasi menu sarapan, cemilan, atau bahkan dijadikan bekal untuk suami dan anak sekolah. Cocok juga untuk dibawa piknik maupun untuk bersantai sambil minum teh. Cara membuatnya pun cukup mudah lho, jadi tidak perlu berlama – lama di dapur.

Berikut bahan yang dipakai buat membuat kue gabin fla susu :

  • 14 keping gabin/malkist crackers
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 butir putih telur untuk celupan

Bahan adonan fla :

  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram gula pasir
  • 30 gram tepung maizena
  • 50 ml susu kental manis
  • 1 butir kuning telur
  • ½ sendok teh vanili bubuk
  • ½ sendok teh garam
  • Minyak goreng

Langkah ? Langkah pembuatan kue gabin goreng bisi vla susu :

  1. Pertama kita buat adonan vla terlebih dulu, caranya campurkan semua bahan ( tepung terigu, gula pasir, tepung maizena, susu kental manis, kuning telur, vanilli bubuk, dan garam ), lalu aduk sampai rata.
  2. Kemudian masak diatas api kecil sambil terus di aduk – aduk sampai adonan menjadi kalis atau tidak lengket . Setelah itu matikan api dan diamkan sebentar.
  3. Ambil 1 keping biskuit gabin atau malkist, kemudian letakkan adonan vla diatasnya dan ratakan, lalu tutup dengan 1 keping gabin atau malkist lagi, kemudian ratakan vla di bagian sisi – sisinya hingga rapi.
  4. Setelah itu siapkan wadah, kocok putih telur, kemudian celupkan gabin yang telah diidsi vla kedalam kocokan telur tadi hingga merata di seluruh permukaan atau cukup dipinggirnya saja juga bisa. Lakukan sampai adonan vla habis.
  5. Selanjutnya siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng gabin isi vla dalam minyak panas menggunakan api kecil agar tidang gosong, kemudian angkat dan tiriskan.
  6. Siapkan piring saji dan kue gabin goreng isi vla susu siap untuk disajikan.

Dua. Resep Gabin Vla Oreo

Untuk selanjutnya ada gabin vla oreo, biskuit oreo dengan rasanya yang enak bercampur dengan krispinya roti gabin akan sangat memanjakan lidah kita pastinya. Baiklah langsung saja simak resepnya berikut ini.

Bahan ? Bahannya sebagai berikut :

  • 14 keping biskuit Oreo ( saya gulanya gak dipake )
  • 2 sdm penuh tepung terigu
  • 1/4 sdt vanilli bubuk
  • 1 kuning telur
  • 150 ml susu cair ( saya pake merk uht full cream kotak isi 250ml)
  • 3 sendok makan margarine
  • 14 keping biskuit crackers ( gabin )
  • 1 putih telur
  • Minyak goreng

Langkah ? Langkah pembuatan gabin vla oreo :

  1. Pertama siapkan wadah panci atau teflon, kemudian campurkan semua bahan ( oreo, tepung terigu, vanilli bubuk, kuning telur, susu sapi cair, dan  margarin ).
  2. Aduk rata semua bahan, kemudian masak denagn api kecil, aduk – aduk terus sampai mendidih atau sampai adonan mengental. Setelah itu matikan apinya dan angkat, diamkan sebentar.
  3. Ambil 1 keping roti gabin, lalu taruh adonan vla oreo diatas roti gabin ( gunakan sendok makan ), setelah itu letakkan lagi 1 keping roti diatas adonan vla oreo yang berfungsi untuk menutup adonan. Kemudian ratakan bagian pinggir – pinggirnya. Lakukan terus sampai adonan vla habis.
  4. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, kemudian siapkan wadah mangkok,  kocok putih telur, lalu celup bagian pinggir adonan kedalam kocokan putih telur. Kemudian langsung masukkan dalam peggorengan, lakukan terus sampai gabin vla nya habis. Goreng dalam api kecil agar tidak mudah gosong.  Kemudian angkat dan tiriskan.
  5. Siapkan piring saji, dan gabin vla oreo siap untuk disajikan.

3. Resep Vla Pudding Vanilla

Untuk selanjutnya ini ada resep membuat vla pudding vanila, disini saya akan membagikan resep yang menggunakan rhum. Bagi yang belum tahu, rhum adalah minuman berakohol hasil dari fermentasi dan distilasi dari molases ( tetes tebu ) atau air tebu yang merupakan produk samping industri pembuatan gula pasir. Tetapi sebenarnya selain menggunakan rhum, membuat vla pudding vanilla ini juga bisa menggunakan vanilla bubuk. Baiklah langsung saja simak bahan – bahannya berikut.

Bahan berdasarkan vla pudding vanilla :

  • 1 1/2 sendok teh
  • Tepung Maizena
  • 60 gram Gula Pasir
  • 250 ml Susu sapi cair
  • 1 butir Kuning Telur
  • 1 sendok teh Rhum

Cara membuat vla pudding vanilla :

  1. Pertama – tama siapkan semua bahan yang akan digunakan.
  2. Kemudian campurkan semua bahan ( tepung maizena, gula pasir, susu cair, kuning telur) kecuali rhum ( untuk rhum ini dimasukkan akhir – akhir saja jika adonan vla sudah jadi ).
  3. Langkah pembuatan vla, cairkan tepung maizena dengan 6 sendok makan air. Kemudian masukkan ke dalam campuran bahan, lalu aduk – aduk sampai kuning telurnya tercampur rata ( Untuk kuning telur ini, jangan dikocok diluar atau dikocok sendiri, tetapi langsung saja masukkan ke dalam bahan dan campur dengan bahan ).
  4. Jika bahan sudah tercampur rata, kemudian nyalakan api sedang saja, lalu aduk sampai mendidih ( harus terus di aduk, jangan ditinggal ) dan mengental.
  5. Setelah adonan sudah mengental, matukan apinya, dan masukkan rhum ( jika anda menggunakan vanilla bubuk, vanilla bubuknya dimasukkan ke bahan tidak usah menunggu vla jadi ), aduk – aduk lagi sampai rhum tercampur rata.
  6. Siapkan piring saji dan vla pudding vanila siap untuk disajikan.

Berikut ada sedikit tips berdasarkan aku apabila anda menginginkan vla berwarna putih.

  1. Pertama, dalam pembuatannya anda gunakan saja vanilla bubuk, jangan menggunakan rhum, karena rhum itu sendiri warnanya agak ke kuning – kuningan. Jadi nanti hasilnya tidak akan putih bersih.
  2. Untuk cara yang kedua, jangan menggunakan kuning telur, membuat vla tanpa telur juga bisa kok, karena sebenarnya telur ini hanya berfungsi untuk membuat rasa lebih gurih.

4. Resep Kue Sus Vla Strawberry

Kali ini ada kue sus dengan vla strawberry, cocok banget buat bekal anak sekolah, rasa buah pasti sangat disukai oleh anak – anak. Dan kalau bikinan sendiri dirumah sudah pasti baik untuk dikonsumsi. Berikut ini bahan dan cara pembuatannya.

Bahan kue sus sebagai berikut:

  • 25 gram tepung
  • 100ml susu sapi cair
  • 100ml air10gr gula
  • 1/2 sendok teh garam
  • 80 gram mentega tawar
  • 4 butir telur

Untuk bahan isian atau vla nya :

  • 50 gram tepung terigu
  • 25 gram gula pasir
  • 15 gram tepung maizena
  • 25 ml susu kental manis
  • 1 butir kuning telur
  • ½ sendok teh vanili bubuk
  • Garam secukupnya
  • Stroberi segar sesuai selera ( sebagian diiris dan sebagiannya lagi dihaluskan terlebih dahulu )

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah panci atau teflon, kemudian didihkan susu sapi cair, air, gula, garam, dan mentega. Aduk – aduk terus sampai rata.
  2. Kemudian matikan api, angkat wadah panci atau teflon, lalu masukkan tepung. Aduk – aduk lagi sampai semua tercampur rata.
  3. Setelah itu letakkan panci kembali di atas api kecil, kemudian aduk adonan lagi selama kurang lebih 1 sampai dengan 2 menit atau aduk sampai adonan mendidih dan mengental. Setelah adonan sudah mengental, matikan apinya dan angkat, diamkan sebentar.
  4. Setelah adonan sudah agak dingin, masukkan telur satu per satu kedalamnya, aduk – aduk perlahan menggunakan sendok kayu atau stand mixer. Aduk terus sampai adonan menjadi halus, rata, dan bentuknya terlihat kekar.
  5. Setelah itu masukkan ujungan piping berdiameter 1 cm ke dalam pastry bag kemudin tekan adonan sampai keluar, tekan adonan diatas lingkaran berukuran 3 sampai 4 cm yang telah digambar di kertas perkamen yang melapisi loyang.
  6. Kemudian panaskan oven pada suhu kurang lebih 180ͦ C, lalu panggang adonan kue selama kurang lebih 20 sampai dengan 30 menit atau sampai kue berwarna kecoklatan dan mengembang. Setelah itu keluarkan dari oven, lalu diamkan sebentar.
  7. Tusuk setiap kue dengan tusuk sate, tujuannya adalah agar uap didalamnya lepas, setelah itu diamkan sebentar kue diatas rak kawat.
  8. Selanjutnya kita buat untuk bahan isiannya ( vla ). Pertama siapkan wadah panci atau teflon, masukkan semua bahan untuk isian ( tepung terigu, gula pasir, tepung maizena, susu kental manis, kuning telur, vanilli bubuk, dan garam secukupnya ). Aduk semua bahan hingga rata, letakkan wadah panci atau teflon diatas api kecil, aduk – aduk adonan, lalu tambahkan strawberry yang telah dihaluskan tadi, kemudian aduk – aduk lagi sampai adonan mendidih atau sampai mengental. Kemudian matikan api dan angkat, lalu diamkan sebentar.
  9. Jika adonan vla sudah agak dingin, selanjutnya potong kue sus tadi menjadi 2 bagian tang sama rata, kemudian isi dengan vla strawberry didalamnya, dan tambahkan juga strawberry iris tadi, lakukan hingga semua kue dan adonan vla habis.
  10. Siapkan piring saji, dan kue sus vla strawberry siap untuk disajikan.

Lima. Resep Kue Sus Saus Kinca

Kue sus saus saus kinca adalah kue sus dengan topping saus kinca yakni saus yang bebahan dasar durian. Buat para pecinta si raja buah ini pasti udah pada ngiler kan dengernya? Cara buatnya simple kok, langsung aja yuk simak bahan dan cara membuatnya berikut ini.

Bahan buat kudapan manis sus :

  • 200 ml air
  • Garam secukupnya
  • 100 gram mentega
  • 100 gram tepung terigu
  • 3 butir telur

Bahan untuk vla:

  • 400 ml susu cair
  • 100 gram gula pasir
  • 2 sendok teh vanilla extract
  • 50 gram tepung maizena
  • 2 butir kuning telur
  • 200 gram whipped cream

Bahan untuk saus kinca :

  • 250 gram gula merah
  • 250 gram santan encer
  • 1 lembar daun pandan
  • 200 gram daging durian

Cara membuat :

  1. Langkah pertama yaitu kita buat dulu adonan untuk kue sus, siapkan wadah panci atau teflon, kemudian masukkan air, garam, dan mentega kedalam wadah, aduk – aduk adonan, dan letakkan wadah pada api kecil sambil terus diaduk sampai mentegannya larut. Setelah itu masukkan tepung terigu, dan aduk kembali sampai semuanya tercampur rata.
  2. Jika sudah tercampur, matikan api, selanjutnya angkat wadah dari atas kompor lalu tambahkan telur, aduk – aduk lagi sampai rata. Setelah itu masukkan adonan ke dalam piping bag.
  3. Siapkan loyang, olesi dengan margarin, kemudian tekan adonan kue sus sampai keluar di atas loyang, bentuk lingkaran berukuran kurang blebih 3 sampai 4 cm. Lakukan sampai adonan habis.
  4. Siapkan oven untuk memanggang, panggang adonan kue sus pada suhu kurang lebih 200ͦ C selama kurang lebih 45 menit ( jangan buka oven dulu selama proses pemanggangan, supaya kue sus bisa mengembang sempurna ). Setelah kue matang, selanjutnya keluarkan dari oven, kemudian tusuk setiap kue dengan tusuk sate ( agar uap didalamnya lepas ), lalu diamkan sebentar, setelah kue sus sudah agak dingin, selanjutnya belah menjadi 2 bagian yang sama. Lakukan sampai semua kue sus habis, kemudian sisihkan.
  5. Sekarang kita buat fla nya, caranya pertama – tama campur tepung pati jagung dan kuning telur dengan mixer sampai rata.
  6. Kemudian masukkan susu cair dan gula pasir dalam panci, aduk – aduk dan masak dalam api kecil sampai gulanya larut. Tambahkan ekstrak vanilli, dan aduk lagi sampai rata.
  7. Selanjutnya ambil sebagian campuran susu kedalam campuran tepung tadi, kemudian aduk hingga rata, lalu masukkan kembali kedalam panci, dan masak kembali hingga mengental.
  8. Campur dengan whipped cream sampai rata, lalu masukkan ke piping bag. Selanjutnya isikan fla ke dalam kue sus.
  9. Untuk membuat saus kinca, caranya masukkan santan cair dan gula merah, kemudian masak dalam api kecil sampai gula larut, lalu tambahkan daging buah durian, dan aduk – aduk lagi sampai rata.
  10. Siapkan piring saji, lalu tuang saus kinca di sekeliling kue sus atau bisa sesuai selera. Dan kue susu vla dengan saus kinca siap untuk disajikan.

6. Resep Kue Manja Mini Vla Durian

Terakhir ini ada kue manja mini dengan vla durian, kenapa disebut kue manja? Hmm, ini karena proses pembuatannya yang dicubiti dulu, jadi kue ini disebut kue manja. Baiklah langsung saja saya bagikan resepnya.

Bahan buat kudapan manis manja :

  • 1 butir telur
  • 2 sendok makan gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok makan minyak sayur atau pakai mentega cair juga bisa
  • 7 sendok makan terigu
  • 2 sendok makan susu full cream
  • ½ sendok teh baking powder
  • ¼ sendok teh soda kue
  • 250 ml air
  • Pewarna makanan sesuai selera

Bahan untuk vla durian :

  • 1 gelas air
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sachet SKM ( susu kental manis ) indomilk putih
  • 1 sendok makan mentega
  • 3 sendok makan tepung maizena
  • 1 butir kuning telur
  • 2 sendok makan daging durian ( atau sesuai selera )

Cara pembuatannya merupakan sebagai berikut :

  1. Pertama kita buat adonan vla nya dulu ya, siapkan wadah panci atau teflon, masukkan air, gula, dan mentega , masak dengan api kecil sambil terus di aduk – aduk sampai agak meletup. Setelah matikan apinya dan diamkan sebentar.
  2. Selanjutnya siapkan wadah baru, masukkan kuning telur, tepung maizena, air dan susu cair. Aduk terus sampai semuanya tercampur rata. Kemudian masukkan kedalam wadah panci tadi, nyalakan apinya, masak dengan api kecil lalu aduk – aduk kembali sampai tercampur semuanya dan sampai adonan mengental.
  3. Kemudian matikan apinya, dan masukkan daging durian, aduk kembali sampai tercampur rata. Sisihkan dulu adonan vla duriannya.
  4. Selanjutnya kita buat adonnan kue manja, langkah pertama siapkan wadah, masukkan telur, gula, dan garam, aduk – aduk sampai rata.
  5. Masukkan tepung terigu, tambahkan minyak dan sedikit air sambil terus diaduk menggunakan wisk. Aduk terus sampai adonannya tidak ada yang menggerindil. Diamkan dulu adonan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit.
  6. Siapkan teflon, panaskan diatas api kecil, ambil adonan tadi, lalu aduk sebentar, kemudian tuang adonan sedikit demi sedikit di tengah – tengah teflon yang sudah panas. Biarkan sampai permukaannya banyak lubang.
  7. Setelah itu angkat dari teflon, dan beri vla durian ditengahnya.
  8. Kemudian satukan ujung – ujungnya dan jangan lupa cubit agar ujungnya bisa melekat. Lakukan sampai semua adonan kue dan vla nya habis.
  9. Siapkan piring saji, dan kue manja mini vla durian siap untuk disajikan.

Jangan lupa untuk membagikan 6 Resep Kreasi  Vla Yang Lumer Di Mulut kepada teman, saudara serta kerabat anda. Dan tulis dikolom komentar menu masakan apa yang anda innginkan untuk saya bagikan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *