6 Alat utama dalam Hidroponik Sederhana

6 Alat utama dalam Hidroponik Sederhana

Jika anda ingin memulai Hidropnik, niscaya anda bertanya apa saja alat-alat yg diperlukan buat memulai bertanam Hidroponik. Sebenarnya poly sekali alat-indera yg masih ada pada bertanam secara Hidroponik, tetapi dalam posting kali ini, saya akan mengungkapkan alat-alat primer yang dibutuhkan buat Hidroponik sederhana. Yang penting bagaimana sayuran Hidroponik anda sanggup tumbuh, tidak perlu aneka macam macam alat misalnya pe-Hidroponik profesional.

Well, inilah indera-alatnya/

1. Nutrisi Ab Mix

Nutrisi AB-Mix

Ini seringkali menjadi pertanyaan bagi banyak orang mengenai hidroponik. Apakah media tanam Hidroponik hanya air saja? Tentu tidak…Bila hanya air saja, pertumbuhannya akan sangat terlambat karena tidak ada nutrisi lengkap yang diserap tumbuhan. Pada pertanian tradisional atau di tanah, nutrisi diambil dari kandungan hara tanah, maka untuk hidroponik, unsur hara ini digantikan oleh nutrisi AB-Mix yang memiliki unsur makro dan mikro nutrien.

Ada 2 jenis Nutrisi AB-Mix yg tersedia pada pasaran, yaitu dalam bentuk cair misalnya diatas & bentuk padatan. Untuk bentuk padatan umumnya digunakan buat pertanian Hidroponik skala akbar. Untuk pemula umumnya menggunakan Nutrisi cair diatas karena mudah dipakai. Yaitu dengan mencampur 5ml cairan B kedalam 1 liter air, lalu disusul 5 mililiter cairan A dimasukkan kedalam campuran tadi. Lima ml cairan A/B hampir setara menggunakan satu tutup botol cairan tadi (tutup berwarna hijau).

Selanjutnya mengenai Nutrisi AB-mix seperti cara pengunaan, menyimpan dll kita bahas lebih lanjut…

2. Rockwool

Rockwool

Pertanyaan pertama yang sering dikemukakan adalah terbuat dari apakah rockwool tersebut. Kita bisa tahu dari arti namanya, rock adalah batu. Rockwool adalah batu yang dipanaskan sehingga akhirnya berbentuk seperti spon yang mampu menyerap air dengan banyak. Kegunaan rockwool adalah sebagai media tanam pertama/penyemaian benih. Seperti pada gambar, benih akan pecah dan tumbuh pada rockwool.

Rockwool tidak bisa digantikan dengan spon, kassa atau kapas karena tidak dapat menyimpan air dengan banyak dan strukturnya tidak keras sehingga tidak dapat sebagai tempat pijakan akar semaian. Simpanlah rockwool ditemapt yang kering dan tertutup oleh plastik. Bila lembab maka rockwool akan sulit untuk dipotong. Pembahasan lebih panjang dari rockwool dapat dilihat diAPA ITU ROCKWOOL DALAM HIDROPONIK?

3.Benih

benih

Tentunya jika anda menanam, anda akan memerlukan yang namanya benih. Benih buat hidroponik tidak berbeda menggunakan benih buat pertanian laiinnya. Bedanya merupakan yg ditanam biasanye jenis sayuran selada, sawi, bayam, kangkung dll. Kita tidak mampu menanam padi menggunakan teknik hidroponik. Kita masih mampu menanam tomat, melon, cabe dan laiinya menggunakan teknik hidroponik yang berbeda. Biasanya memerlukan media tanam tambahan selain rockwool saja.

Untuk benih mampu tersedia dalam kondisi satu paket seperti gambar dibawah yg biasane berisi lebih kurang 5gr menggunakan jumlah ratusan hingga ribuan benih dan harga puluhan ribu. Atau pada bentuk re-packed misalnya gambar diatas dengan harga yang lebih murah (lima-10rbu) dengan jumlah benih puluhan hingga ratusan.

Benih syarat packed. Berisi ratusan hingga ribuan benih.

O ya, satu hal yang penting dalam penyemaian, bila benih yang anda semai tidak tumbuh tumbuh semuanya. Jangan sedih karena mungkin itu bukan salah anda tetapi salah benihnya. Kadang beberapa benih tidak dapat tumbuh karena kualitas yang buruk atau sudah kadaluarsa atau kondisi sudah tidak baik/rusak. Untuk amanya belilah yang masih kondisi packed, tapi tentunya harganya mahal dan jumlahnya banyak sekali. Saya mengakalinya dengan membeli bersama beberapa teman sehingga bisa dibagi-bagi.

4. Flanel dan 5.Net-pot

Netpot

Flanel adalah sejenis kain yg mampu menyerap air. Gunanya adalah buat mengalirkan air berdasarkan cairan nutrisi ke akar flora. Flanel dipakai umumnya dalam sistem wick/botol. Lantaran pada tanaman belia/semaian, akar belum panjang dan kurang bisa menyerap cairan nutrisi.

Sedangkan netpot adalah tempat buat tanaman belia berada. Bila dalam sistem botol anda tidak memerlukan netpot lantaran loka semaian anda adalah ketua botol tadi.

6. Botol

Botol adalah tempat anda meletakkan semaian dan nutrisi. Anda mampu memakai botol yang lain yg terdapat disekitar anda, tapi aku menyarankan botol diatas lantaran berwarna biru. Warna ini mengakibatkan sinar mentari kurang bisa menembus botol sehingga cairan nutrisi didalamnya tidak kepanasan dan tidak akan berlumut. Nutrisi hidrponik akan sangat gampang berlumut bila terkena cairan matahari walau loka anda sangat higienis.

Tentu ada beberapa loka lain yg anda bisa gunakan misalnya foto dibawah

Memakai kotak kue
menggunakan botol bening
Memakai kotak bekas kue
Kumpulan selada di botol

Well inilah indera-indera pokok buat memulai hidroponik yg sederhana. Tentu saja anda sanggup berimprovisasi sinkron kesukaan anda.

Tiga hal yang anda perlu perhatikan yaitu: Cairan, Sinar Matahari dan Akar harus mampu menyera cairan.

Jika terdapat pertanyaan, silahkan anda tuliskan pada kolom komentar, kita sama sama belajar 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *