6 Alasan untuk Tertarik dengan Hidroponik

0

Mengapa tertarik menggunakan Hidroponik?

Mereka yg tertarik menggunakan Hdroponik umumnya memiliki beberapa alasan atau kesukaan terhadap hidroponik. Banyak hal yg mampu memicu ketertarikan terhadap Hidroponik, dimulai berdasarkan pemberitaan media yg semakin meluas, penggunaan sistem hidroponik yang mudah dan tidak perlu tanah, atau bahkan tertarik lantaran melihat indahnya gugusan selada segar berbaris rapi & indah.

Buat aku ?

1.Hidroponik itu Indah

      • Bayangkan deretan tanaman hijau nan segar berbaris rapi menyapamu. Melihatnya seakan melihat keindahan alam seperti saat liburan. Tak penat hati ini melihatnya berlama lama. Sayang untuk dipanen, namun pastinya menyehatkan.
Hidroponik.Sumber

Saya senang dengan estetika alam. Apalagi melihat hamparan padi luas yg segar berawarna hijau, atau perkebunan yg tertata rapi menciptakan hati senang . Begitu jua ketika melihat perpaduan sayur selada yg begitu mempesona. Ciamikkkk…Juann pengen nandur hidroponik!!

       Dua. Hidroponik itu Sehat

    • Salah satu tujuan penanaman dengan hidroponik adalah untuk mendapatkan sayuran yang bebas pestisida, fungisida, germisida dan bahan-bahan aktif kimia lainnya yang saat ini sering terdapat pada budidaya secara tradisional. Bayangkan begitu banyak bahan kimia yang digunakan akan masuk kedalam tubuh manusia. Secara medis, bahan-bahan ini bisa menjadi agen carcinogen. Yaitu agen-agen yang dapat menyebabkan terjadinya kanker. Silahkan baca disini

    • Saat ini kesehatan sudah menjadi kebutuhan utama manusia. terlebih lagi di indonesia yang sudah menjadi negara berkembang dengan tingkat pendapatan yang meningkat. Kecukupan Makan bukanlah hal yang sulit lagi bagi sebagian besar masyarakat (bila dibandingkan 30-50 tahun lalu). Kesehatan makanan seudah seharusnya menjadi perhatian kita.
    • Saya pribadi mendalami hidroponik dengan harapan dapat memanen sayur segar dan sehat setiap harinya paling tidak untuk keluarga saya sendiri. Sehingga secara tidak langsung saya ikut memberikan ‘kesehatan’ kepada keluarga.

 3.Hidroponik itu Mudah

  • Menjadi petani itu susah, sukar, kotor. Mungkin itulah yang sering tercetus saat melihat kondisi petani. Berangkat pagi sebelum matahari bersinar panas, membawa cangkul dan bekal, bekerja panas-panas hingga sore hari, baru pulang. Dengan hidroponik kita tidak perlu lagi bersusah-susah seperti itu. Kita tidak perlu membawa cangkul, apalagi membajak tanah. Kita tidak perlu harus ke sawah atau ladang, cukup dipekarangan rumah saja.
  • Hidroponik menjadi mudah karena kebutuhannya yang simple saja, dan seringkali dapat memanfaatkan barang bekas seperti botol bekas. Hidroponik intinya hanya memanfaatkan air yang diberi nutrisi untuk menumbuh-kembangkan sayuran yang kita tanam.

  • Memang ada kelemahannya yaitu menjadi lebih mahal jika dibandingkan menggunakan penanaman dalam tanah lantaran membutuhan lebih poly peralatan. Tapi semuanya dapat sekali diubahsuaikan menggunakan budget anda. Bila anda mak tempat tinggal tangga, maka dapat menggunakan alat2 bekas dirumah saja misalnya loka kudapan manis atau botol bekas.

     4.Hidroponik itu Minat

  • Ya, hidroponik itu sama dengan pertanian lainnya, membutuhkan minat untuk menekuninya. Mereka yang tidak suka bercocok tanam, sulit untuk bisa berhasil. Misalnya bila tanaman tidak dipelihara, dikasih air, dijaga dari hewan/hama, dipanaskan dibawah sinar matahari, maka kecil kemungkinan tanaman tersebut akan tumbuh dengan baik.
  • Mereka yang memang hobi di lain temapt seperti fashion, atau hewan, atau game tidak akan memliki motivasi dan keinginan kuat untuk merawat tanaman yang telah disemai.

      5.Hidroponik itu Keren

  • Kerennya hidroponik itu karena hidroponik dikenal sebagai pertanian yang modern. Tidak hanya sekedar menanam namun juga menghitung nutrisi, bisa memodifikasi hasil panen sesuai yang diinginkan.
  • Misalnya video dibawah ini adalah penelitian hidroponik terbaru dari Philips dengan menggunakan cahaya LED. Tanaman ditempatkan didalam ruangan tertutup sehingga bebas hama. Mereka dapat merubah intentitas cahaya untuk merubah hasil panen sesuai yang diinginkan.

  • Untuk video dobawah merupakan Video Hidroponik Tomat terbagus di Amerika.

  • Sedangkan yg ini merupakan bagaimana memanfaatkan huma sempit pada Singapura buat membentuk sayuran yang sehat & berkualitas

6.Hidroponik itu bisa jadi Bisnis kita

  • Ya, bisnis hidroponik sedag menggeliat saat ini. Masyarakat semakin paham akan kebutuhan makanan yang sehat.
  • Sepeti yang pernah saya dengar, ada 3 macam bisnis yang tidak akan pernah mati yaitu bisnis pada hal pangan (makanan), sandang (pakaian) dan papan (rumah).
  • Populasi dunia semakin meningkat, sementara petani dan lahan pertanian semakin sedikit.
  • Bisnis hidroponik tidak hanya pada penanaman saja, tapi bisa juga pada bagian benih, peralatan, edukasi dan lain-lain.

Jadi ini alasanku tertarik menggunakan Hidroponik, apa alasanmu?

Leave A Reply

Your email address will not be published.