5 ! Aplikasi cek Gempa Terpercaya, Terupdate

2020 Indonesia telah diguncang Gempa Bumi 779 kali!!! Indonesia merupakan negara yg rawan akan gempa bumi, lantaran dilalui sang 3 lempeng tektonik yaitu Lempeng Indo Australia, Lempeng eruasia, & Lempeng Pasifik. Sepanjang 2019 Indonesia mengalami 11.573 Gempa Tektonik (Sumber. Kompas.Com )

5 ! Aplikasi cek Gempa Terpercaya, Terupdate Gambar dari : Infokomputer – Grid.ID

Melihat kejadian demi kejadian gempa bumi yang sering terjadi tersebut, masyarakat harus tetap terus waspada terhadap bencana gempa. Gempa bumi bukanlah bencana yang dapat diprediksi oleh manusia.

Untuk mendeteksi gempa bumi

BMKG juga memiliki 285 alat untuk memonitor gempa. Hal ini dilakukan agar dapat mendeteksi titik gempa berasal Selain melalui informasi dari BMKG, cek gempa hari ini dapat dilakukan menggunakan aplikasi yang dapat di-download secara gratis di Google Play Store.

Berikut daftar aplikasi yang dapat membantu menunjukkan titik lokasi gempa.

1. Info BMKG

Adalah aplikasi resmi dari BMKG. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat melihat informasi mengenai informasi cuaca, iklim, kualitas udara, dan gempa bumi yang terjadi di Indonesia.

2. Info Gempa Bumi

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai data gempa bumi yang terjadi di wilayah Indonesia. sehingga memudahkan masyarakat untuk mencari informasi mengenai gempa yang telah terjadi di Indonesia.

3. Magma Indonesia

Adalah aplikasi buatan dari Tim Developer PNS di Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementrian ESDM. Aplikasi ini menyajikan informasi mengenai gejala bencana geologi termasuk gunung api, gerakan tanah, gempa bumi dan tsunami.

4. Info Gempa Bumi Terkini dan Cuaca

Aplikasi ini membantu pengguna untuk memantau titik lokasi gempa bumi yang terjadi dan memberikan informasi cuaca terkini. Informasi gempa yang didapatkan berasal dari widget EMSC dan BMKG dan data cuaca bersumber dari Yahoo Weather.

5. WRS-BMKG

Tujuan dari kehadiran aplikasi ini adalah menyebarluaskan informasi gempa bumi dengan magnitudo lebih dari 5. Selain itu, aplikasi ini juga menunjukkan informasi mengenai tsunami yang terjadi khususnya di wilayah Indonesia. Aplikasi ini disediakan bagi stakeholder BMKG seperti BNPB, BPBD, Pemerintah Daerah, media radio, media televisi, TNI, POLRI, Kementrian/Lembaga Negara lain, dan pihak swasta.

Tujuan dari semua aplikasi ini adalah sebagai sumber informasi bagi masyarakat Indonesia untuk segera mencari tau sumber terjadi gempa dan berapa kekuatan gempa yang telah mengguncang suatu wilayah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *