3 Tips agar semaian Hidroponik anda berhasil

0

Bagaimana cara menyemai supaya berhasil?. Menyemai nir semudah yang kita dengar, tinggal sebar benih kemudian benih akan tumbuh. Ya tidak seperti itu jua. Mungkin akan tumbuh, akan tetapi berapa usang? Baguskah kondisinya? Atau mungkin nir tumbuh sama sekali.

Salah satu alasan saya membuat artikel ini, karena jangan sampai anda merasa depresi dulu karena semaian anda tidak seindah punya para master hidroponik,  Ada beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan seed menjadi tanaman baru.

Ini merupakan contoh semaian master Hidroponik yg jua dijuluki ‘Ratu semai’ khusus daerah Malang. Ciri pertama menurut output semaian yg baik merupakan daun Tanaman tumbuh eksklusif setelah keluar berdasarkan Rockwool. Tidak terdapat jarak yang banyak antara Rockwool dengan daun muda tadi.

Mungkin anda agag resah ya tapi lihat model berikut:

Pada semaian saya diatas, ada beberapa output semai yg kurang baik yaitu kutilang (kurus tinggi langsing) lantaran kurang sinar mentari . Bisa dibandingkan antara tumbuhan kiri yg aku kasih pertanda dengan yg kanan. Yang kiri mengalami kutilang. Batang tumbuhan agag tinggi. Bandingkan menggunakan flora yg kanan dimana batang tanamannya pendek. Walaupun sebenarnya semaian aku diatas belum termasuk kutilang yang parah. Batang tumbuhan akan meningkat apabila sinar matahari nir didaaptkan.

Ciri ke 2 semaian yg baik merupakan keseragaman output semai dan nir kerdil. Seperti kita lihat dalam semaian pertama diatas, hampir seluruh tanaman seragam & rupawan perkembangan daunnya. Walaupun ada satu 2 yang tumbuhnya kerdil.

Lalu bagaimana supaya dapat menumbuhkan semaian yg mengagumkan?

1. Kualitas Benih

Jangan menangis dulu bila semaian anda tidak ada yang tumbuh, Mungkin ini karena benih yang tidak bagus, sudah rusak atau lainnya. Apa cirinya? yaitu semua benih anda tidak tumbuh, walaupun anda sudah mencoba menyemai kembali dengan benih yang sama. Coba ganti benih!. Saya sendiri juga pernah mengalaminya, dan ketika berganti benih, 2 hari langsung tumbuh benih saya. Sebelumnya saya menunggu hingga 1 minggu tidak ada yang tumbuh.

benih

Untuk benih sanggup tersedia dalam kondisi satu paket seperti gambar dibawah yang biasane berisi sekitar 5gr dengan jumlah ratusan sampai ribuan benih dan harga puluhan ribu. Atau pada bentuk re-packed seperti gambar diatas dengan harga yang lebih murah (lima-10rbu) dengan jumlah benih puluhan sampai ratusan.

Benih kondisi packed. Berisi ratusan sampai ribuan benih.

Kadang beberapa benih nir dapat tumbuh karena kualitas yang buruk atau sudah kadaluarsa atau syarat sudah buruk/rusak. Untuk amanya belilah yang masih kondisi packed, tapi tentunya harganya mahal & jumlahnya poly sekali. Saya mengakalinya dengan membeli beserta beberapa sahabat sebagai akibatnya bisa dibagi-bagi.

Cara menyimpan jua penting, simpanlah benih anda pada pada tempat yg kering dan nir terkena surya lansung. Ada jua yang menyarankan buat menyimpan di lemari es, dengan plastik tentunya. Yg niscaya jangan hingga benih anda kena air lantaran akan rusak.

Lalu jenis seed apa yg bagus? Banyak sekali jenis seed pada pasaran. Banyak jua yang menciptakan sendiri (bukan pabrik). Boleh boleh saja anda mencoba tetapi nir pasti kualitasnya. Dari beberapa pehidroponik yg saya tanya. Pungkasnya yang paling cantik adalah jenis RZ, & paling mahal juga. Hal ini dikarenakan benihnya eksklusif dari berdasarkan Indukan yg rupawan, yang pertama. Sedangkan yg lain mampu berdasarkan keturunan kedua dan seterusnya. Semakin banyak turunan semakin turun pula kualitas hasilnya. Rz ini benih impor, lalu benih lokal apa yang indah?. Saya tidak sanggup mengungkapkan lebih cantik daripada yang lain karena belum mencoba, akan tetapi menurut beberapa pehidroponik memakai benih dari Known You Seed. Harganya tidak terlalu mahal, namun hasilnya cukup rupawan.

Dua. Sinar Matahari

Nah ini adalah faktor yang menjengkelkan. Kenapa? Karena faktor ini nir bisa kita ubah. Kitalah yg harus berusaha mencari cara agar flora kita permanen tumbuh normal meski sinar mentari yang minim. Jika nir ada sinar matahari atau kurang, maka tanaman anda akan tumbuh kutilang yang mana ini akan membuat tanaman yg kurang baik. Penampakannya tidak akan sama menggunakan yg anda lihat selama ini di pehidroponik yg profesional seperti dibawah:

Jika kita lihat hasinya rupawan-bagus, daun tidak kecil dan memanjang tapi akbar dan membulat. Tanaman yang kurang sinar matahari daunnya pula akan memanjang & kecil, tidak lebar. Lalu kapan semaian mulai diberikan sinar matahari? Yaitu selesainya benih berkecambah atau benih sudah pecah & terlihat bakal tumbuhan baru yg berwarna putih. Anda nir perlu menunggu tanaman menjadi lengkap sempurna tumbuh dahulu baru diberi sinar. Segera selesainya benih pecah & terlihat terdapat putihnya, maka semaian bisa ditempatkan di temapt yang terkena sinar surya. Sebelumnya tempatkan semaian pada loka yang lembab & tidak terkena sinar surya. Untuk jenis selada, bayam, kangkung umumnya selama 1-tiga hari, sedangkan tomat dan cabe mampu mencapai satu minggu pada tempat lembab sebelum benih berkecambah.

Sinar mentari sangat berpengaruh pada pertumbuhan sayuran anda. Jika dalam satu minggu nir terdapat sinar surya mencukupi, maka sayuran anda akan terlihat jelek. Idealnya sayuran butuh panas mulai jam 8 pagi sampai jam tiga sore atau sekitar 7-8 jam. Tapi anda perlu hati-hati juga disini, tumbuhan yang masih kecil (mungkin 1 bulan kurang) nir membutuhkan sinar surya pribadi yg menyengat. Beberapa bagian daun akan terlihat misalnya terbakar, dimana penampakannyaa adalah daun layu bahkan sampai berubah warna & mengering. Tergantung syarat loka anda menumbuhkan semaian. Bisa terlalu panas bisa jua tidak.

Beberapa minggu sebelum penulisan artikel ini, sinar surya sangat kurang sekali di loka saya. Bahkan bisa satu hari mulai pagi sampai sore hujan saja atau mendung sekali. Hal ini menciptakan semaian aku kutilang semua. Akhirnya saya meniru ilham galat seorang hidroponikers buat membuat kotak yg terdapat lampu didalamnya. Intinya adalah supaya lampu tadi bisa sedikit menggantikan sinar surya yang menghilang entah kemana hahaha.

Jadi misalnya ini : aku memakai 2 karton bekas aqua gelas. Satu karton pada bawah buat tempat semaian, satu karton lagi diatas buat tempat lampunya.

3. Kelembaban-Air

Benih membutuhkan tiga hal buat dapat tumbuh: Air, suhu hangat & lokasi yg rupawan (tanah atau rockwool atau lainnya). Selama fase pembenihan ini, benih bergantung pada cadangan pasokan kuliner didalam benih sendiri sampai terdapat daun yg relatif besar buat fotosintesis. Akar akan tumbuh kebawah sebagai jangkar tumbuhan berdiri, sedangkan daun akan tumbuh keatas mencari arah datangnya cahaya.

Apa guna dari air? Air digunakan oleh benih untuk mengaktivkan enim yang bertugas memulai terjadinya perkecambahan.  Air yang cukup memastikan benih untuk tumbuh, namun terlalu banyak air juga bisa membuat benih menjadi busuk. Lalu bagaimana ukuran basahnya di rockwool? Yang penting rockwool terpegang basah, air tidak mengumpul didasar (rockwool tidak terendam air yang menggenang) saya kira sudah cukup. Basahi saja rockwool sampai terlihat basah semua.

Airnya arus air nutrisi AB-Mix atau nir? Buat persemaian 1-3 hari saya pikir nir perlu namun anda tetap mampu menambahkannya. Seteah daun terbentk sempurna, maka anda sanggup secara teratur menyiramnya menggunakan air nutrisi karena fotosintesis telah bisa dimulai.

Sekian artikel kali ini, semoga berguna & jika terdapat yg ditanyakan ayo kita diskusi.

Terimakasih

Leave A Reply

Your email address will not be published.